Kepala BBWS Cimancis: Fungsi Utama Bendungan Malahayu Bukan Untuk Budidaya Ikan – El Jabar

Kepala BBWS Cimancis: Fungsi Utama Bendungan Malahayu Bukan Untuk Budidaya Ikan

BREBES, eljabar.com – Sebagai salah satu infrastruktur sumber daya air yang sudah beroperasi sejak tahun 1935 silam, sampai saat ini Bendungan Malahayu di Kabupaten Brebes masih berfungsi dengan baik.

Bendungan yang membendung Sungai Kabuyutan dan berada di Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah tersebut memiliki daya tampung sebesar 31 juta meter kubik ini digunakan untuk mengairi areal persawahan di wilayah kabupaten Brebes dan sekitarnya seluas 18.456 hektare.

Saat meninjau Bendungan Malahayu, Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung Ismail Widadi, mengatakan bahwa sampai saat ini belum pernah ada pembangunan bendungan di Indonesia yang ditujukan untuk kepentingan memelihara ikan.

“Karena dapat merusak infrastruktur bendungan akibat banyaknya dampak negatif yang ditimbulkan dari pengelolaan budidaya ikan,” terang Widadi.

Dampak negatif dari budidaya ikan di bendungan adalah adanya zat kimia dari pakan ikan ataupun vitamin ikan yang dapat menggerus bangunan serta menjadi pemicu pertumbuhan alga dan lumut yang bisa merusak kualitas air baku.

Oleh sebab itu, ia mengajak setiap elemen masyarakat untuk bersama menjaga dan memaksimalkan fungsi utama dari Bendungan Malahayu.

Bendungan yang memiliki ketinggian 29,75 meyer dari dasar sungai dan panjang 176 meter itu bermanfaat untuk menyediakan air baku dan mengairi areal persawahan di Kabupaten Brebes dan sekitarnya.

Bendungan Malahayu juga bermanfaat sebagai destinasi wisata. Kendati begitu, pemanfaatan wisata ini tidak boleh mengganggu tujuan utama pembangunan bendungan, yaitu penyediaan air baku, irigasi dan pengendalian banjir. (*wn/red)

Categories: Nasional