Berbekal SAKURA, Sandi Hasilkan Puluhan Juta per Bulan

SUMEDANG, eljabar.com — Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadi seorang yang sukses. Ya selain keuletan, juga bakat dan kerja keras yang tinggi. Seperti kisah seorang pemuda asal Cipacing Kecamatan Jatinangor yang mampu menghasilkan omzet belasan juta dalam sebulan. Berikut liputannya.

Menjadi seorang pebisnis memang sudah bakat Sandi Kurnia Irpandi pemuda asal Dusun Pasir Luhur RT 03 RW 08 Desa Cipacing Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Ya, meski harus keluar bekerja di sebuah pabrik dengan gaji Rp5 juta per bulan, tetapi dia rela meninggalkan pabrik demi merintis usaha menjadi penjual reseler senapan angin.

Pemuda 20 tahun ini kini memiliki Galery Sakura atau Sandi Kurnia Airrifle yang beralamat di Dusun Pasir Luhur RT 03 RW 08 Desa Cipacing Kecamatan Jatinangor.

Bakat di dunia senapan angin sudah digelutinya sejak bangku SMP. Maklum, sebagai pemuda asli Cipacing, bergelut dengan senapan angin memang tak asing. Namun, dia memiliki tekad tidak hanya ingin menjadi perajin, tetapi ingin menjadi pengusaha senapan angin.

Berbekal tabungan hasil kerjanya di PT Nisikawa Cipacing, dia membeli senapan angin untuk dijual kembali di media sosial. Produk senapan hasil rangkaiannya ternyata diminati konsumen penyuka tembak menembak. Lambat laun, produknya laku keras di pasar online. Berawal hanya satu pesanan, menjadi bertambah.

“Berkiprah di senapan sudah sejak SMP, bahkan saya bisa merakit senapan angin sendiri jenis Mauser. Namun, karena pekerjaan, dunia senapan angin ditinggalkan,” katanya.

Karena tak puas dengan hanya bekerja di pabrik, meski gajinya Rp5 juta per bulan, dia berniat berhenti bekerja. Hingga dia aktif kembali di dunia senapan angin dengan berjualan online. Beruntungnya, pasar online senapan angin jauh lebih baik ketimbang pasar konvensional. Hingga, dia memutuskan fokus menjadi reseller senapan angin dan memiliki galery sendiri bernama Sakura (Sandi Kurnia Airrifle).

“Sebelum berjualan senapan, selepas berhenti bekerja di pabrik, saya pernah jualan jam tangan dan asesoris kerajinan Cipacing, namun lagi lagi tidak berminat karena bekerja untuk orang lain. Pernah jadi marketing per bankan swasta, namun tak cocok. Hingga akhirnya fokus jualan online senapan angin,” katanya.

Menurutnya, berjualan senapan angin selain menghasilkan uang, juga ingin mengembangkan minat berdagang dan Melestarikan senapan asli Cipacing. Sebab, jika perkembangan senapan angin tak diramaikan di pasar online, akan tergerus dengan senapan angin dari daerah lain.

Menurutnya, berjualan online jauh menguntungkan ketimbang jualan senapan secara konvensional. Sebab, berjualan online tak terpatok harga pasaran, kemudian pangsa pasarnya luas sampai ke mancanegara.

“Kalau jualan di toko, pembelinya hanya itu itu saja, kemudian terpatok harga pasaran. Misal harga senapan Mauser jika di toko Rp1, 1 juta, kalau lewat pasar online bisa sampai Rp2 juta per pucuk,” katanya.

Kemudian, lanjut Sandi, hampir setiap orang memegang hape dan berselancar di dunia maya, sehingga pasar online jauh lebih banyak dibandingkan pasar biasa.

Saat ini, bisnisnya per bulan rata-rata mendapatkan konsumen 10 orang (pelanggan baru). Belum pelanggan yang sudah lama bertransaksi.

“Konsumen rata rata berasal dari luar pulau Jawa seperti Kalimantan, NTB, Sulawesi, Bali, Papua, dan Aceh. Rata-rata buat berburu hama babi hutan dan lain lain. Ada juga hobi dan lomba menembak,” ujarnya.

Produk senapannya yang paling istimewa, lanjut dia, yakni jenis Mauser. Sebab pernah menjadi juara pada kompetisi menembak di Riau. Senapan Mauser Sakura seharga Rp6,5 juta berhasil menjadi juara kedua joki atas nama Putra anak bapak Qiwel melawan senapan FWB 800 (produk jerman) se harga Rp90 juta.

“Ya itu kualitas senapan angin Cipacing mampu bersaing dengan produk impor. Keakuratannya dan ketahanannya, juga menarik banyak variasinya,” katanya.

Bagi pecinta olahraga nembak, katanya, silahkan untuk mengunjungi website www.sandikurniaairrifle.com menjual berbagai jenis senapan angin. Mulai dari mauser, marauder, ruger, air arms, bocap kayu, bocap predator, afc, fx impact, predator aotomatis, dll.

“Juga menjual berbagai macam sparepart senapan lainnya seperti laras, chember, trigger, tabung, magazine, telescope, koper senapan, dan lain lain,” katanya.

Menurutnya, senapan angin yang paling laku dijual senapan jenis marauder (senapan pake gas) dan ada senapan unggulan yakni FX Impact. Bedanya dari model dan bahan. Jangkauan tembaknya bisa sampai 80 meter lebih.

“Keistimewaan senapan FX impact Sakura atau sandi kurnia airrifle adalah sistemnya mirip produk impor. Mulai dari Knockdown, regulator tanam, akurasinya terjamin,” katanya.

Sementara untuk harga senapan angin jenis marauder dipatok harga Rp3,3juta free bonus tas, magazine, tali selendeng, peredam. Sedangkan jenis FX impact dijual Rp11 juta free bonus spesifikasi istimewa.

Sakura Airrifle juga mengeluarkan produk terbaru yakni koper senapan dengan slogan kualitas diatas harga, garapan rapih dan harga standar. Koper dari plat besi galfanis dan holo galfanis. Kalau koper biasa dari fiber. Kekuatan koper senapan ini sangat terjamin dan model lebih menarik.

Bagi yang berminat berbagai jenis senapan bisa melihat di WA 08999093528, atau alamat FB @sandi kurnia airrifle dan tokopedia @sandi kurnia airrifle, dan yotube @sandi kurnia airrifle.

“Saat ini memang lebih laku senapan yang jenis angin, karena lebih simpel dan lebih akurat. Juga tampilan lebih menarik, hasilnya rapih,” tandasnya. (Abas)

Categories: Kronik