Bersama Keraton Sumedang Larang, Desa Karedok Siap Bentuk Lembaga Adat Desa - El Jabar

Bersama Keraton Sumedang Larang, Desa Karedok Siap Bentuk Lembaga Adat Desa

SUMEDANG, eljabar.com — Bertempat di aula Desa Karedok Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang (11-11-2020) Pemerintah Desa Karedok berkolaborasi dengan Keraton Sumedang Larang melakukan kegiatan diskusi dalam rangka pembentukan Lembaga Adat Desa Karedok.

Hadir dalam pertemuan diskusi tersebut yaitu Kepala Desa Karedok bapak Intab Wikarya Putra, Mahapatih Keraton Sumedang Larang Rd Lilly Djamhur Sumawilaga, Kamantren Bagala Asih Panyipuhan Keraton Sumedang Larang yaitu Arika Tarda, Konsultan bidang pariwisata desa Keraton Sumedang Larang Kang Irwan, Patriot Desa Jawa Barat Firman Akmaludin dan Muhammad Hafied, lalu para seniman dan budayawan dari Desa Karedok itu sendiri.

Dasar hukum tentang Lembaga Adat Desa itu ialah UU No. 6 tahun 2014 Tentang Desa, Permendagri No 18 tahun 2018 tentang LKD dan LAD serta Perda No. 1 tahun 2020 tentang Sumedang Puseur Budaya Sunda.

Rd Asep Sulaeman F Adiwinata selaku humas dari pihak keraton menuturkan, “Nilai historis dan semangat dari para budayawan serta seniman di Desa Karedok ini merupakan modal yang besar untuk membentuk lembaga adat desa, mudah-mudahan semangat itu bisa memudahkan kita dalam usaha menjaga dan melestarikan budaya,” tuturnya.

Hal senada juga di sampaikan oleh pimpinan Kamantren Bagala Asih Panyipuhan Arika Tarda “LAD ini nantinya akan memfasilitasi budayawan dan seniman desa untuk berkegiatan di desa nya masing-masing.

“Tiap-tiap desa bisa membuat Perdes yang mengatur tentang LAD ini, dan kita bisa menggodok perdes ini bersama-sama,” ajaknya.

Mahapatih Keraton Sumedang Larang Rd Lily Djamhur Sumawilaga menyampaikan apresiasi dan ajakan untuk berkolaborasi dengan para seniman dan budayawan di Desa Karedok.

“Mudah-mudahan kumpulan dan forum diskusi ini bisa menghasilkan energi-energi positif yang bisa kita jadikan semangat untuk terus berkarya” ucapnya.

Kepala Desa Karedok Jatigede bapak Intab Wikarya Putra menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang hadir dalam kegiatan ini.

“Kita meminta arahan dan bimbingan langsung dari pihak Keraton agar bisa membentuk LAD ini dengan baik dari segi aturan dan teknisnya,” jelasnya.

“Dari wisata nya, kita mempunyai beberapa situs makam dan sejarah yang bisa menarik wisatawan untuk datang berkunjung ke Desa Karedok. Mudah-mudahan semua yang kita rencanakan akan terlaksana dengan baik dan tentunya, semua ini dilakukan untuk memajukan kesejahteraan masyarakat Desa Karedok,” tandasnya. (Abas)

Categories: Kronik