Bimtek Laboratorium Pekerjaan Campuran, Cetak Pengawas Lapangan dan PPKom Masa Depan – El Jabar

Bimtek Laboratorium Pekerjaan Campuran, Cetak Pengawas Lapangan dan PPKom Masa Depan

SIDOARJO, eljabar.com – Bimbingan Teknis (Bimtek) Laboratorium Pekerjaan Campuran yang diselenggarakan oleh UPT Laboratorium Pengujian Konstruksi diharapkan mampu mencetak para Pengawas Lapangan dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Provinsi Jawa Timur di masa depan.

Plt Kepala UPT Laboratorium Konstruksi Arif Endro Utamo, dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa Pengawas Lapangan dan PPKom merupakan garda terdepan pelaksanaan kegiatan DPU Bina Marga Jatim.

Ia berpesan agar para peserta untuk memanfaatkan kegiatan bimtek tersebut.

“Saudara akan jadi garda terdepan bagi Dinas PU Bina Marga maka manfaatkan bimtek ini sebaik-baiknya,” kata Arif, Selasa (28/09/2021).

Arif mengatakan, bimtek ini menjadi wadah bagi para peserta untuk memahami secara detail tentang pekerjaan-pekerjaan yang ditangani oleh DPU Bina Marga.

Pekerjaan tersebut meliputi penerapan mutu pekerjaan konstruksi jalan, perkerasan jalan, pengenalan jenis-jenis dan peralatan pengujian untuk jalan.

Selain itu, peserta bimtek akan mendapatkan materi dasar-dasar perancangan campuran aspal hingga pengenalan pengujian DCP dan LWD di lapangan.

“Dengan adanya bimtek ini, diharapkan anda memahami apa-apa saja tugas di lapangan,” ujarnya.

Selain mempelajari secara teori tentang peralatan yang digunakan, menurut Arif, peserta bimtek juga akan dibawa ke laboratorium untuk melihat dan praktek langsung bagaimana cara mengoperasikan alat-alat tersebut.

Mengingat pentingnya bimtek ini, Ia meminta para peserta untuk tidak sungkan-sungkan bertanya maupun berdiskusi tentang pengalaman, kesulitan, dan tantangan yang terjadi di lapangan.

Bimtek laboratorium pekerjaan campuran itu diikuti oleh peserta yang berasal dari 11 UPT di lingkup DPU Bina Marga Jatim.

Di wilayah kerja 11 UPT tersebut, Arif memastikan akan memiliki permasalahan dan tantangan masing-masing.

“Jadi saya harap bimtek ini tidak hanya satu arah, tapi bisa dua arah. Sehingga bukan hanya selembar sertifikat yang anda bawa pulang dari bimtek ini, tapi juga ada segebok ilmu dan pengalaman yang siap diimplementasikan di UPT masing-masing,” tegasnya.

Sebagai informasi, bimtek ini dilaksanakan selama 3 hari, yaitu 28-30 September 2021. Bimtek tersebut juga menghadirkan nara sumber kompeten, yaitu Ir. Poerwanto, HW,M.MT, Mochamad Nurtamyis, S.T., M.M dan Ir. Sutoyo, M.Eng, Sc. (bmnews/*wn)

Categories: Regional