BUMN PT. BGR Logistics Menggelar Sosialisasi dan Pelatihan Bagi Pengelola Bumdes, – El Jabar

BUMN PT. BGR Logistics Menggelar Sosialisasi dan Pelatihan Bagi Pengelola Bumdes,

SUMEDANG, eljabar. Com — Sebagai tindak lanjut pertemuan dengan Bupati Sumedang pada tanggal 20 April 2021 tentang rencana kerja sama untuk mendorong kemajuan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Kabupaten Sumedang, akhirnya BUMN PT. Bhanda Ghara Reksa (BGR) Logistics menggelar sosialisasi dan pelatihan bagi para pengelola Bumdes, Jumat (30/4/2021) di Aula Tampomas Setda.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman yang hadir membuka acara mengatakan, PT BGR telah sepakat dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang terkait penyediaan logistik untuk mendorong warung-warung pangan di berbagai pelosok di Kabupaten Sumedang melalui Bumdes.

“PT. BGR sepakat dengan Pemda akan membantu mendorong warung pangan di Kabupaten Sumedang. Tentunya ini juga bersinergi dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes),” ucapnya.

Sekda mengatakan, 270 Bumdes di Kabupaten Sumedang yang rata-rata sudah mempunyai divisi usaha tidak harus membuka warung baru, tapi akan ditingkatkan kapasitas usahanya menjadi warung pangan Bumdes.

Namun demikian, lanjutnya, tidak semua Bumdes otomatis menjadi warung pangan, karena akan ada analisa mana Bumdes yang layak.

“Kita akan analisis dahulu Bumdes yang ada. Selanjutnya diprioritaskan Bumdes mana saja yang dianggap sudah baik, dalam arti sudah Level Maju dan Mandiri,” ucapnya.

Dilaporkan Sekda, dari seluruh Bumdes yang ada, sudah ada 41 Bumdes yang diprioritaskan untuk mengembangkan warung pangan, dua diantaranya merupakan Level Maju Mandiri.

“Dari 41 Bumdes, 31 sudah mempunyai warung. Artinya tinggal di skill up dan langsung bisa beroperasi menjadi warung pangan. Adapun sisanya (10 Bumdes) harus dipersiapkan terlebih dahulu oleh Bumdes masing-masing agar bisa mempunyai Warung Pangan,” imbuhnya.

Sekda juga menambahkan, Warung Pangan nantinya akan bergerak dengan sistem perdagangan dua pihak. Artinya PT. BGR membantu menyalurkan kebutuhan pangan bagi masyarakat melalui Bumdes sekaligus menyalurkan produk hasil usaha Bumdes ke pabrik-pabrik.

“Warung Pangan Bumdes bisa menjual ke masyarakat dengan harga yang murah atau di bawah harga pasar sehingga masyarakat bisa terbantu. Di sisi lain, PT. BGR juga siap menerima produk-produk Bumdes Kabupaten sumedang asalkan sesuai dengan standar yang ditentukan,” katanya.

Dengan kata lain, sambung Sekda, Bumdes bisa menjual produk-produk lokal yang sesuai dengan standar kepada PT. BGR untuk selanjutnya oleh PT. BGR disalurkan ke mitra-mitra usahanya di tanah air.

Sekda berharap Bumdes di Kabupaten Sumedang semuanya bisa maju dan mandiri yang pada akhirnya bisa menggerakkan perekonomian masyatakat desa.(abas)

Categories: Regional