Pasokan Menurun, Sejumlah Bapokting di Kota Sukabumi Alami Kenaikan Harga - El Jabar

Pasokan Menurun, Sejumlah Bapokting di Kota Sukabumi Alami Kenaikan Harga

SUKABUMI, eljabar.com — Sejumlah Bahan Pokok Penting (bapokting) dan barang sejenisnya di pasar Tradisional dan modern yang ada di Kota Suakbumi, alami penaikan harga. Seperti cabai merah keriting dari Rp32 ribu per kg menjadi Rp35 ribu per kg, kemudian cabai rawit merah dari Rp54 ribu menjadi Rp55 ribu per kg, cabai rawit hijau semula Rp24 ribu menjadi Rp30 ribu per kg, dan muncang yang saat ini di jual sekitar Rp37 ribu per kg, naik seribu rupiah dari harga awal.

“Pekan ini, ada empat komoditi yang naik harga, sedangkan yang alami penurunan hanya cabai hijau besar yang saat ini dijual diangka Rp20 ribu per kg, kemudian dagin ayam yang sebelumnya Rp37 ribu, kini hanya Rp36 ribu per kg,” ujar Kepala Seksi Pengawasan Barang pada Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan, dan Perindustrian (Diskopdagrin) Kota Sukabumi, M. Rifki, Jumat (30/04/2021).

Penyebab adanya kenaikan harga di beberapa komoditi tersebut, salah satunya karena faktor pasokannya menurun, sedangkan permintaan meningkat, sehingga harga terkoreksi naik.

“Begitu juga sebaliknya dengan bapokting yang alami penurunan harga. Yakni, pasokanya berlimpah, namun permintaan tetap atau alami pengurangan,” terang Rifki.

Sementara perkembangan k bapokting lainya sampai saat ini terpantau normal, seperti beras, terigu, daging ayam broiler, telur ayam negeri, bawang putih, dan garam.

Bahkan semua stok bapokting dan barang strategis lainya juga cukup tersedia, serta fluktuasi harga masih dalam batas kewajaran. Begitu juga dengan penyaluran dan pendistribusian barang-barang tersebut dalam kondisi aman dan lancar.

ā€¯Bapokting lainya terpantau normal, dan stok akan bapokting juga cukup tersedia,” pungkas Rifki. (Anne)

Categories: Regional