Bupati Sumedang Ingin Mewujudkan Sumedang Sebagai Happy Digital Region – El Jabar

Bupati Sumedang Ingin Mewujudkan Sumedang Sebagai Happy Digital Region

Sumedang, eljabar. Com — Tim Asesor Smart City Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) melakukan penilaian (assesment) secara virtual di Ruang Command Centre Kabupaten Sumedang, Lantai III Setda (1/11/2021).

Tim Asesor terdiri dari Prof Yudho Giri Sucahyo dari Universitas Indonesia, Wing Wahyu Winarno dari UGM, Dedy Sushandoyo dari ITB dan dari unsur Bappenas Adianto H Teddy Sukardi dan Rizki Putera.

Bupati Sumedang H Dony Ahmad  dalam paparannya menyebutkan, keinginan mewujudkan Sumedang sebagai Happy Digital Region berangkat dari tujuan untuk mensejahterakan masyarakat.

“Tujuan adanya pemerintah adalah untuk mensejahterakan masyarakat. Kita hadir sebagai instrumen negara untuk mensejahterakan masyarakat,” ucapnya.

Dalam rangka mensejahterakan tersebut, lanjutnya, Kabupaten Sumedang mempunyai visi misi yaitu Sumedang Simpati, salah satunya yaitu mewujudkan aparatur yang profesional.

“Di Misi Keempat kami ingin menata birokrasi pemerintah menjadi responsif, bertanggung jawab dan profesional dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” kata Bupati.

Dalam mewujudkan aparatur yang profesional, diperlukan Reformasi Birokrasi, SPBE dan inovasi tiada henti dengan memanfaatkan teknologi informasi.

“Selain Reformasi Birokrasi, juga diterapkan kebijakan SPBE  yang terus kami kembangkan. Dengan memanfaatkan IT, kami terus berinovasi untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat,” kata Bupati.

Ia mengungkapkan, banyak sekali aplikasi yang sudah dibuat untuk membangun budaya digital dan ekosistem digital menuju smart city.

“Kami dorong agar ASN kami terus melakukan inovasi-inovasi. Bahkan inovasinya tidak biasa-biasa, tetapi berupa disruptif inovasi,” ungkapnya.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada Tim Asesor yang memberikan masukan atas capaian Pemerintah Kabupaten Sumedang dalam SPBE menuju Smart City.

“Ini menjadi inspirasi dan motivasi bagi kami untuk bekerja lebih baik lagi sehingga ada continuous improvement atas apa yang telah kami lakukan. Tentunya akan kami perbaiki setelah kami masuk 50 besar,” katanya.

Sementara itu, Prof Yudho Giri Sucahyo selaku perwakilan Tim Asesor mengaku
salut atas komitmen dan kesungguhan Bupati bersama semua stakeholders atas implementasi program smart city di Kabupaten Sumedang sehingga menjadi salah satu pertimbangan apabila Sumedang terpilih nanti.

“Biasanya dari Kemenkominfo nanti akan melakukan pendampingan terkait peyusunan dan peta rencana terkait Smart City. Nanti ada serangkaian Bimtek,” ucapnya.

Menurutnya, kehadiran Bupati dalam pelaksanaan Bimtek nanti akan memberikan semangat yang luar biasa kepada seluruh OPD peserta Bimtek.

“Kami jajaran asesor dari Kementerian Kominfo, Bappenas dan instansi terkait lainnya mengucapkan terima kasih atas kehadiran Pak Bupati dan jajarannya dalam penerimaan kami. Ini sungguh luar biasa,” ucapnya.(abas)

Categories: Pemerintahan