Bupati Sumedang Resmikan Gerai Ekonomi Mandiri Terbina Cisarua - El Jabar

Bupati Sumedang Resmikan Gerai Ekonomi Mandiri Terbina Cisarua

SUMEDANG, eljabar.com — Dalam kunjungan kerja ke Kecamatan Cisarua, Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir, Selasa (24/11/2020), meresmikan Gerai UMKM “Gembira” (Gerai Ekonomi Mandiri Terbina Cisarua) yang berlokasi tidak jauh dari kantor Kecamatan Cisarua.

Koordinator UMKM Cisarua, Oneng, dalam laporannya mengatakan, sebanyak 72 pelaku UMKM yang masih produktif telah terdaftar di Gerai UMKM “Gembira”.

“Ada yang bergerak di bidang kerajinan, jasa, makanan dan lainnya. Meski Forum UMKM telah terbentuk beberapa tahun ke belakang, namun selama ini keberadaannya tidak berjalan sesuai yang diharapkan,” ucapnya.

Diakui olehnya, para pelaku UMKM masih bergerak masing-masing dan melakukan usahanya secara sendiri.

“Akhirnya untuk memudahkan koordinasi diantara para pelaku UMKM yang ada di Cisarua, dibentuklah kepengurusan yang baru dan saya sendiri menjadi ketuanya,” ujarnya.

Ia juga menerangkan, terdapat berbagai bidang di asosiasi UMKM Kecamatan Cisarua tersebut.

 “Ada bidang handycraft, jasa, perdagangan, makanan, minumam, fashion, agrobisnis dan pemasaran. Tentunya ini berkat dukungan dari Camat yang memotivasi terbentuknya kepengurusan UMKM Cisarua “Gembira” ini,” terangnya.

Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir mengucapkan rasa syukurnya bisa meresmikan Gerai Gembira.

“Gerai ini menjadi etalase atau show windows bagi para pelaku UMKM di Cisarua sehingga bisa turut dipasarkan di tempat ini,” ucapnya.

Karena tempatnya sangat strategis dan manajemennya sudah modern, ia optimistis  keberadaan Gerai bisa lebih dikenal orang dan lebih laku.

“Kelebihannya di tempat ini sudah ada izin PIRT-nya dan pengemasannya sudah bagus. Begitu juga kualitas rasanya juga sangat enak dan memakai barcode. Pembayaranya sudah modern seperti di toko-toko,” harapnya.

Dengan demikian, lanjut bupati, tinggal kontinyuitas Gerai untuk mempertahankan kualitas produk-produknya.

“Kalau produk ini laku di pasaran, setidaknya akan menggerakkan ekonomi di lingkungan ini serta menciptakan lapangan pekerjaan yang akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan di Kecamatan Cisarua,” ujarnya.

Sebagai bentuk keseriusan terhadap para pelaku UMKM di Kecamatan Cisarua ia telah mengistrusikan kepada Dinas Koperasi UKM dan Indag agar melakukan pelatihan PIRT, menjamin higienis produk, termasuk akses modal nanti kita upayakan,” tegasnya. (Abas)

Categories: Regional