Cara PT SMI Dorong Pencapaian SDGs di Indonesia – El Jabar

Cara PT SMI Dorong Pencapaian SDGs di Indonesia

Jakarta,eljabar. Com — 22 Oktober 2021 – Usaha Mikro Kecil Menengah (“UMKM”) sebagai salah satu sektor penggerak ekonomi memiliki tantangan dalam pengembangannya.

Beberapa faktor di antaranya adalah
belum meratanya wawasan dan kapasitas SDM pelaku usaha, keterbatasan penggunaan teknologi,
kemampuan membaca selera pasar hingga tingkat adaptasi terhadap dinamika yang ada.

Dalam upaya menjawab tantangan tersebut sekaligus mendorong pengembangan UMKM agar bisa semakin naik kelas, PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”) memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan program UMKM Sumedang Naik Kelas yang diinisiasi oleh Yayasan Masyarakat Indonesia Emas (YMIE) bersama
dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang.

Program yang dilaksanakan mulai tanggal 27 Oktober hingga 25 November 2021 ini, ditujukan untuk memberi ruang dan juga wadah pembelajaran bagi pelaku UMKM agar memiliki kemampuan dalam menjaga keberlanjutan dan mengembangkan usahanya melalui upaya
penguatan dari sisi kapasitas SDM pelaku usaha, sarana pendukung, modal kerja pengembangan usaha, hingga akses pemasaran.

Program ini disusun dengan mengusung konsep pelatihan dan pendampingan yang diselenggarakan di Induk Pusat Pemerintahan (IPP) Kabupaten Sumedang.

Pelaksanaan program UMKM Sumedang Naik Kelas dirancang dan dilaksanakan secara interaktif dengan menggunakan media pembelajaran yang mengarahkan kepada keterlibatan aktif peserta dalam memahami substansi pembelajaran dan mengimplementasikannya.

Dukungan PT SMI dalam program ini tentunya menjadi bagian dari komitmen perusahaan untuk mengakselerasi pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia.

Dalam kaitannya dengan pencapaian SDGs, peran UMKM dapat berkontribusi terhadap pengentasan kemiskinan (SDG 1) serta memastikan mata pencaharian dan pertumbuhan ekonomi (SDG 8). PT SMI sebagai Special Mission Vehicle (SMV) di bawah koordinasi Kementerian Keuangan yang memiliki mandat untuk mendorong akselerasi pembangunan di Indonesia, senantiasa mendukung upaya dalam menaik kelaskan UMKM daerah agar keberadaan UMKM dapat terus menjadi ujung tombak bagi pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

Sejalan dengan komitmen perusahaan untuk terus berkontribusi bagi pembangunan berkelanjutan di
Indonesia, PT SMI berharap dengan terselenggaranya program ini ke depannya dapat memperluas kesempatan dan juga lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat, meningkatkan industri kreatif para
pelaku UMKM, menumbuhkan jiwa entrepreneurship bagi para generasi muda, serta tentunya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat secara inklusif dan mengakselerasi pemulihan ekonomi di Kabupaten Sumedang.(abas)

Categories: Kronik