Cegah Longsor dan Erosi, Sektor Pemibitan Citarum Harum Lakukan Sabuk Gunung

KAB. BANDUNG, eljabar.com — Satgas (Satuan tugas) Citarum Harum Sektor Pemibibitan laksanakan Sabuk Gunung dengan melakukan penghijauan di Kampung Cirawa, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Kamis (20/02/2020).

Menurut Dansektor Pembibitan Kolonel Kav. Dwi Haryoko, kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan kesadaran masyarakat dalam pelestarian alam khususnya kawasan hutan dan lahan kritis, serta pengembangan tanaman keras.

Kegiatan penghijauan sepanjang kurang lebih 350 meter dan lebar 20 meter dengan menanam berbagai jenis pohon. Antara lain, Mahoni sebanyak 60 pohon, Puspa 60 pohon, Eukaliptus 60 pohon, Serehwangi 212 pohon dan Vertiver 106 pohon.

Selain itu, kata Dwi, kegiatan ini diharapkan dapat memacu kemandirian kolektif masyarakat untuk mencegah terjadinya erosi dan tanah longsor pada saat musim hujan, serta kekeringan d musim kemarau.

Adapun kegiatan ini yang melibatkan tidak kurang dari 85 orang personel TNI, turut dihadiri juga oleh Dansektor 01, Kolonel Inf. Inget Barus, Dansektor 2 Kolonel Inf. Mulyono HS, Camat Kertasari dan jajaran para kades se-Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. (*)

Advertisement

Categories: Regional