Cimanggung Diguyur Hujan Deras, Warga Perum SBG Dilanda Ketakutan Terjadi Longsor Kembali - El Jabar

Cimanggung Diguyur Hujan Deras, Warga Perum SBG Dilanda Ketakutan Terjadi Longsor Kembali

SUMDANG, eljabar.com – Warga Walet RT. 01 RW. 13 perumahan SBG Parakanmuncang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang resah. Pasalnya Kamis, 21 Januari 2021 wilayah tersebut diguyur hujan cukup deras, ditakutkan bekas longsor belakang pinggir Sumur Bawah A4 yang pada Sabtu (09/01/2021) terjadi longsor kembali yang lebih besar, mengancam warga Walet dan sekitarnya.

Cimanggung Diguyur Hujan Deras Warga Perum SBG Dilanda Ketakutan Terjadi Longsor Kembali
Arnold, Ketua sementara penanggulangan longsor RT. 01 RW. 13.

Arnold, Ketua sementara penanggulangan longsor RT. 01 RW. 13 menegaskan, pasca hujan deras tadi, tanah turun sekira dua meter. Oleh karenanya warga RT. 01 RW. 13 harap berhati-hati, terlebih pemilik rumah yang berderet diatasnya harus warpada.

“Adapun lokasi longsor pada Sabtu lalu, tanahnya sudah dikeruk oleh TNI, basarnas, relawan dan masyarakat lalu ditutup dengan terpal pemberian BPBD Sumedang,” tutur Arnold kepada eljabar.com, Kamis (21/01/2021).

Semenrata itu Toto pemilik rumah yang terancam longsor, “Berharap perum SBG dan pemerintah segera memperbaiki bekas longsor  dengan membuat kirmir atau  brojong,” kata Toto.

Ketua RT 1 Tomi membenarkan telah terjadi tanah turun dibekas longsor Sabtu lalu.

“Adapun bantuan sembako untuk warga yang terdampak, alhamdulilah seluruhnya kebagian,” imbuh Tomi.

Jejen menjelaskan, “Kalau bekas longsor dibawah dekat sumur tidak segera ditanggulangi  akan berakibat terjadi longsor susulan dan mengancam jiwa warga Walet dan warga RW 9 Cicabe Legok dan sekitarnya,” tandas Jejen. A56

Categories: Regional