Dadang Suganda: Lulusan FISIP UTama Diharapkan Berkontribusi Atasi Persoalan di Masyarakat – El Jabar

Dadang Suganda: Lulusan FISIP UTama Diharapkan Berkontribusi Atasi Persoalan di Masyarakat

BANDUNG, eljabar.com — Fakultas Ilmu Sosial Politiik Universitas Widyatama (UTama) Bandung akan menggali potensi perdagangan internasional.

Wakil Rektor I UTama Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Pembelajaran, Prof. Dadang Suganda mengatakan, FISIP UTama sudah dimulai pada 26 Februari 2021 lalu tujuannya untuk mengisi sumber daya manusia (SDM) sosial politik yang dibutuhkan di masyarakat baik di level lokal, nasional maupun global.

Kata Dadang Suganda, prodi tersebut sesuai dengan visi UTama yakni menciptakan SDM yang profesional dan berkontribusi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan industri.

“Maka di prodi tersebut mengangkat social political preneur and humanity. Artinya menciptakan sosio pilitik yang kreatif, inovatif dan problem solver,” ujarnya, kepada wartawan belum lama ini.

Dadang berharap, lulusan FISIP UTama berkontribusi terhadap persoalan yang berkembang di masyarakat. Misalnya, bagaimana mengeluarkan kebijakan yang relevan dalam masalah kemiskinan dan sebagainya.

“Selain itu, lulusannya menjadi problem solver yang terhadap isu-isu sosial Justice dan Human Right,” tutur dia.

Secara infrastruktur, UTama sudah sangat siap. Pasalnya, selama ini sistem perkuliahannya sudah berbasis digital. “Itu menjadi isu menarik yang nampaknya harus diperjuangkan dalam tataran kebijakan,” ujarnya.

Dadang menambahkan, khusus untuk prodi Perdagangan Internasional tujuannya untuk menciptakan SDM yang memiliki kompetensi di bidang perdagangan internasional.

“Di prodi ini lebih pada penguatan diplomasi sehingga potensi produk lokal sendiri bisa diangkat di pasar global oleh SDM yang memiliki kapasitas di bidang perdagangan internasional,” ucap dia.

Dadang Suganda menyebut animo pendaftar mahasiswa baru di Universitas Widyatama terus meningkat. Salah satunya jurusan perdagangan internasional.

Peningkatan mahasiswa anyar ke Universitas Widayatama lantaran adanya beberapa program studi atau jurusan yang baru saja diresmikan pada tahun akademik 2021-2022.

“Berkaitan dengan animo (pendaftar) kami senang, apalagi dengan prodi perdagangan internasional. Itu luar biasa meski belum sebesar kita bayangkan,” katanya.

Dalam beberapa waktu kemarin, pendaftar dari program studi Perdagangan Internasional sudah mencapai kurang lebih 65 ke atas. Hal itu dirasakannya sangat tinggi dari sebelumnya yang hanya 25 orang.

Universitas Widyatama membuka program studi perdagangan internasional sesuai surat terbaru dari Dirjen Dikti, yang menyatakan bahwa Hubungan Internasional bisa diberi opsi untuk Perdagangan Internasional. ***

Categories: Pendidikan