DANREM 062/TN Mendampingi KUNKER TIM WAS EV PJO KE LOKASI TMMD KE-111 Tahun2021 Di Wilayah KODIM 0613/Ciams | El Jabar

DANREM 062/TN Mendampingi KUNKER TIM WAS EV PJO KE LOKASI TMMD KE-111 Tahun2021 di Wilayah KODIM 0613/Ciams

Batulawang.eljabar.com —  Danrem 062/Tn Kolonel Inf Muhamad Muchidin, S. Sos., mendampingi Marsekal Muda TNI Sujatmiko, G.S.M.Sc., selaku ketua tim pengawas dan evaluasi (Wasev) PJO Mabes TNI AD ke lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Tahun 2021 di wilayah Kodim 0613/Ciamis bertempat di Aula Ds. Batulawang Kec. Pataruman Kota Banjar, Kamis (01/07/2021).

Kegiatan diawali dengan penyambutan dan pengalungan selendang batik Banjar kepada Tim Was ev PJO TMMD ke 111.

Dilanjutkan, Sambutan Wali Kota Banjar Ibu Ade UU Sukaesih., M.Si., menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Wasev PJO TMMD Mabesad TNI AD di Ds. Batulawang Kec.Pataruman Kota Banjar. Kegiatan TMMD ini selalu memberikan dampak positif bagi daerah dan semoga pelaksanaan kegiatan TMMD ke 111 Tahun 2021 ini bisa mendapat hasil yang maksimal untuk membantu kemajuan dan kesejahteraan masyarakat serta Pemerintah Kota Banjar.

Paparan pelaksanaan TMMD ke 111 Dandim 0613/Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani, S.Sos., M.A.P., sebagai Dansatgas kepada Tim Wasev PJO TMMD ke 111 Mabes TNI-AD, menyampaikan dengan kehadiran Tim Wasev adalah suatu kehormatan dan kebanggaan bagi Kodim 0613/Ciamis dan terlebih lagi bagi warga masyarakat Desa Batulawang Kec. Pataruman Kota Banjar.

Tujuan pelaksanaan TMMD sebagai pedoman dalam penyelenggaraan pelaksanaan kegiatan TMMD ke-111 TA 2021 di wilayah Kodim 0613/Ciamis di Desa Batulawang Kecamatan Pataruman Kota Banjar yang berdaya guna dan berhasil guna.

Pertimbangan pemilihan lokasi TMMD di Desa Batulawang merupakan program pembangunan infrastruktur berkelanjutan di wilayah Kota Banjar bagian selatan, karena selama ini masih kurang dan sebagai akses jalan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari yang dapat membantu dan memperlancar aktivitas masyarakat.

Sasaran fisik berupa pembangunan kirmir jalan P 353 meter x L 30 cm x T 1 m hasil yang dicapai 100%,
pembangunan jalan lapensit P 782 m x L 2,5 m x T 30 cm hasil yang dicapai 64. 83%, pemeliharaan jembatan Gantung Desa P 60 m x L 1,2 m hasil yang dicapai 37.5 4%.

Sasaran non fisik diantaranya seminar wawasan kebangsaan dalam rangka peningkatan kesadaran bela negara dan penyuluhan bahaya teroris serta paham radikal, penyuluhan tentang berbagai kegiatan di lingkungan masyarakat yang tergolong dalam tindakan melanggar hukum serta pelayanan SIM keliling.

Selain itu juga dalam pelaksanaan TMMD dilaksanakan prokes covid 19 tes swab antigen kepada masyarakat dan Satgas.

Pelaksanaan kegiatan Pra TMMD mulai tanggal 2 juni s.d 10 Juni 2021 melibatkan personel TNI 50 orang, Pemda 2 orang, Ormas 8 orang, Masyarakat 48 orang rata-rata perhari.

Waktu pelaksanaan TMMD di wilayah Kodim 0613/Ciamis,
di buka tanggal 15 Juni 2021 dan ditutup tanggal 14 Juli 2021, dengan melibatkan personel 1 SSK satuan TNI gabungan 150 orang terdiri dari kelompok Komando 15 orang, tim asistensi 25 orang, SSK TNI 110 orang, Dinas, Badan, Lembaga Kota Banjar dan mahasiswa Universitas Islam serta masyarakat Desa Batulawang.

Dukungan anggaran APBD provinsi Jabar dialokasikan untuk kirmir jalan, APBD Kota Banjar dialokasikan untuk jalan lapensit , APBD Desa Batulawang dialokasikan untuk jembatan gantung dan dari Dipa TA. 2021 dari komando atas .

Tenaga kerja menggunakan tenaga ahli 10 orang tenaga kasar 30 orang.

Sasaran tambahan pengerjaan rutilahu 2 unit diantaranya rumah Bapak Ujang Andre hasil yang dicapai 84% dan pengerjaan rumah Bapak Bahri hasil yang dicapai 35%.

Sementara itu, sambutan Katim Wasev PJO TMMD Mabesad TNI AD Marsekal Muda TNI Sujatmiko, G.S.M.Sc., menyampaikan atas nama kepala staf TNI AD selaku PJO TMMD mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pemerintah daerah serta seluruh komponen masyarakat atas kerjasama dan semangat gotong-royong dalam mendukung kelancaran kegiatan TMMD yang sedang berjalan.

Pengawasan dan evaluasi TMMD ke-111 TA. 2021 yang saat ini sedang berjalan tujuan untuk mengukur kinerja organisasi satuan tugas TMMD mulai tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan sampai dengan pengakhiran dengan harapan agar kegiatan TMMD dapat berjalan secara optimal, efektif dan efisien meskipun dalam situasi pandemi covid 19 yang melanda hampir seluruh wilayah Satgas TMMD.

Tujuan kegiatan TMMD selain untuk membantu percepatan pembangunan di daerah juga untuk membantu mengatasi kesulitan rakyat serta sebagai sarana untuk mempercepat kemanunggalan TNI rakyat.

Diakhir acara meninjau lokasi dan pengecekan sasaran pekerjaan TMMD ke-111 di Desa Batulawang.

Hadir pada acara tersebut diantaranya Aslog Panglima TNI, Paban IV/paskon Slog TNI, Waaster Kasdam III/Siliwangi, Kasiter Korem 062/Tn, Unsur FKPD Kota Banjar,Camat Pataruman dan Kades Batulawang.(abas)

Categories: TNI / POLRI