Didampingi Sekda, Bupati Sumedang Resmikan Posyandu Melati 2 di Regol Wetan - El Jabar

Didampingi Sekda, Bupati Sumedang Resmikan Posyandu Melati 2 di Regol Wetan

SUMEDANG, eljabar.com — Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir didampingi Sekretaris Daerah Herman Suryatman meresmikan Posyandu Melati 2 di Lingkungan Empang Kelurahan Regol Wetan Kecamatan Sumedang Selatan, Rabu (14/10/2020).

Tampak hadir dalam peresmian tersebut, Kepala Dinas PMD Endah Kusyaman, Camat Sumedang Selatan Syarif Badar, dan tamu undangan lainnya.

Lurah Regol Wetan Madi dalam laporannya mengatakan, kelurahan diberi kucuran Dana Kelurahan yang diprioritaskan untuk pembangunan sarana dan prasarana diantaranya Posyandu.

“Tahun 2019 kami mengutamakan drainase, jalan lingkungan, dan Posyandu. Begitu juga Tahun 2020 pun sama. Utamanya drainase karena melihat situasi dan kondisi wilayah Regol Wetan yang ada daerahnya rawan banjir,” ucapnya.

Ia juga mengungkapkan, setiap tahun selalu mengalokasikan Dana Kelurahan untuk Posyandu masih banyak RW di Regol Wetan yang belum memiliki bangunan Posyandu secara khusus.

“Dari 11 RW yang ada Posyandu, baru 5 RW yang memiliki bangunan Posyandu. Yang lainnya masih menggunakan rumah warga,” ungkapnya.

Menurutnya, yang menjadi kendala untuk pembangunan Posyandu rata-rata adalah pengadaan lahannya.

“Kendalanya ada di tanah. Namun, alhamdulillah sebagian sudah ada tanahnya dari partisipasi swadaya masyarakat. Termasuk Posyandu yang mau diresmikan sekarang. Tanahnya wakaf dari salah satu dari keluarga Almarhum Bapak Husen. Mudah-mudahan tanah yang diwakafkan menjadi amal ibadah yang pahalanya mengalir,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Dony Ahmad Munir mengapresiasi atas berdirinya Posyandu yang dapat memberikan pelayanan untuk masyarakat khususnya Balita supaya sehat dan cerdas menjadi generasi yang unggul.

“Mudah-mudahan dengan adanya Posyandu yang repesentatif, bisa meningkatkan pelayanan khususnya kepada para Balita,” ucapnya.

Ia menerangkan, salah satu peran Posyandu adalah mencegah masyarakat dari stunting dan terhindar dari gizi buruk.

“Posyandu diharapkan dapat mencegah stunting dan menjadikan masyarakat sejahtera dengan menyiapkan generasi yang unggul. Mudah-mudahan Balita yang ada disini bisa dilayani dengan baik, termasuk ibu-ibu hamilnya,” terangnya.

Selain mengapresiasi kepada warga yang telah mewakafkan tanahnya, bupati juga berpesan agar warga memanfaatkan dan menjaga Posyandu tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Luar biasa yang mewakafkan untuk kepentingan dan kemaslahatan umat. Saya yakin, selama Posyandu ini beroperasi, pahalanya akan terus mengalir kepada yang mewakafkan tanpa berkurang sedikitpun,” pesannya. (Abas)

Categories: Pemerintahan