Digelar Basarnas, 55 Peserta Ikuti Rapat Sosialisasi FKP3 - El Jabar

Digelar Basarnas, 55 Peserta Ikuti Rapat Sosialisasi FKP3

BANDUNG, eljabar.com — Abdul Haris Achadi, S.H., Dess, Deputi Bidang Tenaga dan Potensi Basarnas membuka kegiatan rapat Sosialisasi Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) di Hotel Four Points, Bandung, Selasa (02/03/2021).

FKP3 merupakan forum yang dibentuk oleh Basarnas sebagai wadah untuk Koordinasi, komunikasi dan sinergi antar potensi pencarian dan pertolongan baik instansi, organisasi dan perorangan yang sudah diatur dalam PP. No 21 Th 2017 tentang pembinaan potensi pencarian dan pertolongan, PP No 22 Th 2017 ttg operasi pencarian dan pertolongan, Peraturan presiden No 83 Th 2016 tentang Basarnas dan Peraturan Kepala Basarnas tentang FKP3.

Kegiatan dihadiri langsung oleh Komisi V DPR RI, Kepala Kantor SAR Bandung beserta jajaran, Kalak BPBD Jabar, Danlanud Husein Sastranegara,  Danlanal Bandung dan Karo Ops Polda Jabar. Adapun kegiatan ini bermaksud untuk melaksanakan fungsi Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan melalui pengendalian dengan menyelenggarakan wadah bagi seluruh Potensi Pencarian dan Pertolongan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan. Kegiatan dihadiri oleh 55 peserta yang terdiri dari Instansi dan oraganisasi masyarakat.

Dalam Sambutannya, Abdul Haris Achadi berharap dengan kegiatan ini sebagai forum yang dapat menyatukan visi dan misi dalam pelaksanaan operasi SAR saat terjadi kondisi kedaruratan di wilayah kerja Kantor SAR Bandung.

“Dengan adanya forum ini juga diharapkan akan dapat meningkatkan kapabilitas potensi pencarian dan pertolongan melalui perencanaan dan penyusunan program program kerja di masa yang akan datang serta melalui forum ini bisa meningkatkan kompetensi pembuatan rencana kontijensi, diseminasi dan ide ide progresif di bidang pencarian dan pertolongan lainnya di wilayah kerja Kantor SAR Bandung,” katanya.

Selain itu, anggota Komisi V DPR RI, Bambang Hermanto S.E juga menyampaikan sambutan dan arahannya, beliau menyambut baik forum ini khususnya untuk peningakatan kompetensi SDM potensi SAR terlebih potensi SAR merupakan aspek yang sangat penting mengingat masih minimnya anggota Basarnas.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan yang disampaikan oleh Deputi Bidang Bina Tenanga dan Potensi Basarnas tentang Kolaborasi pada tanggap darurat dilanjutkan oleh Kepala Kantor SAR Bandung yang memberikan materi tentang evaluasi dukungan potensi dalam pelaksanaan operasi SAR. (Abas)

Categories: Regional