Digelar Pemprov Kalsel, Tanah Bumbu Sabet 2 Prestasi di Lomba Masak Serba Ikan – El Jabar

Digelar Pemprov Kalsel, Tanah Bumbu Sabet 2 Prestasi di Lomba Masak Serba Ikan

BANJARBARU, eljabar.com — Pada puncak peringatan Hari Ikan Nasional ke-8 tanggal 25 November 2021, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan menggelar lomba masak serba ikan tingkat Provinsi Kalsel di Aula BPSDM Ambulung Kota Banjarbaru, bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK.

Hari Ikan Nasional yang diperingati setiap tanggal 21 November, untuk Tahun 2021 mengangkat Tema “Ikan untuk Generasi Tangguh dan Unggul”.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 13 Kabupaten/Kota, Makan Ikan Bersama dan Gelar Produk Unggulan Daerah untuk Hasil Olahan Perikanan dari tiap Kabupaten/Kota.

Lomba Masak Serba Ikan tersebut terbagi menjadi 3 Kategori : 1. Menu Keluarga; 2. Menu Balita; 3. Menu Kudapan.

Dalam perlombaan tersebut Kabupaten Tanah Bumbu memenangkan Juara 1 untuk Kategori Menu Balita dan Juara 3 untuk Menu Keluarga.

Rincian pemenang sebagai berikut :

Kategori Menu Keluarga

Juara 1 : Kabupaten Tabalong

Juara 2 : Kabupaten Tapin

Juara 3 : Kabupaten Tanah Bumbu

Harapan : Kabupaten HST

Kategori Menu Balita

Juara 1 : Kabupaten Tanah Bumbu

Juara 2 : Kota Banjarbaru

Juara 3 : Kabupaten Barito Kuala

Harapan : Kota Banjarmasin

Kategori Menu Kudapan

Juara 1 : Kabupaten Tapin

Juara 2 : Kabupaten Barito Kuala

Juara 3 : Kabupaten HST

Harapan : Kota Banjarbaru

Dalam acara tersebut Ketua Dewan Juri Chef Agus Sasirangan memberikan catatan dalam penilaian Lomba yaitu menu yang ditampilkan harus inovatif, mudah dibuat sehingga bisa diterapkan oleh masyarakat.

Jadi tidak perlu dari bahan yang mahal. Perlombaan ini tidak hanya sekedar kompetisi namun juga harus disosialisasikan kemasyarakat.

Dikarenakan tahun 2021 tidak ada Lomba Masak serba Ikan Tingkat Nasional, maka Juara 1 tahun 2021 akan ditanding dengan Juara 1 tahun 2022, pemenang tersebutlah yang akan mewakili Provinsi Kalsel di Tingkat Nasional Tahun 2022.

Chef Agus Sasirangan sangat mengapresiasi inovasi dari perwakilan Kabupaten Tanah Bumbu seperti kulit semangka menjadi bahan olahan bubur balita, kulit pisang menjadi selai kudapan, daun labu menjadi keripik.

Menu unggulan yang menjadikan Kabupaten Tanah Bumbu juara adalah “Sup Kulit semangka Jamur Tiram Ikan Kerapu” dari Tim Penggerak PKK Kecamatan Batulicin dan “Bandeng Labu Kuning” dari Tim Penggerak PKK Kecamatan Satui.

Ini adalah prestasi pertama Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu dalam Lomba Masak Serba Ikan dapat menjadi 3 besar dalam 2 Kategori dari 3 kategori yang dilombakan. Semoga tahun depan dapat mewakili Provinsi Kalsel ditingkat Nasional. (DN)

Categories: Regional