Dinsos Kota Sukabumi Berharap Aparat Wilayah Turut Sosialisasikan PPKS Kepada Warga - El Jabar

Dinsos Kota Sukabumi Berharap Aparat Wilayah Turut Sosialisasikan PPKS Kepada Warga

SUKABUMI, eljabar.com — Masalah penanganan kesejahteraan sosial bukan hanya menjadi tanggung jawab dinas terkait saja, melainkan perlu adanya kolaborasi semua leading sektor, baik aparat yang berada diwilayah ataupun masyarakat. Hal itu tentunya untuk memenuhi pelayanan sosial untuk masyarakat.

“Masalah kesejateraan sosial itu bukan tanggung jawab pemerintah saja ataupun Dinas Sosial (Dinsos), namun semua leading sektor seperti aparat wilayah dan juga masyarakat,” ujar Plt. Dinsos Kota Sukabumi Cecep Mansur, Jumat (18/09/2020).

Untuk itu, lanjut Cecep, pihaknya juga melakukan pemahaman tentang sosial dengan melakukan kolaborasi leading sektor secara berjejang dalam penanganan Perlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) kepada aparat wilayah (Camat dan Lurah), termasuk mitra Dinsos (masyarakat), tentang alur PPKS tersebut.

“Pemahaman itu kita lakukan lewat roadshow ke se kecamatan di Kota Sukabumi. Seperti kemarin di Kecamatan Cikole dan Citamiang. Kemudian nantinya akan roadshow juga di Kecamatan Warudoyong, Cibeureum, Lembursitu, Gunungpuyuh  dan Kecamatan Baros,” tuturnya.

Cecep mengatakan, bagi PPKS, persoalan yang mendasar adalah tidak terpenuhinya pelayanan sosial dasar. Seperti kesehatan, pendidikan, dan kebutuhan dasar lainnya.

“Makanya roadshow ini kita berikan pemahaman tentang alur masyarakat yang kena PPKS kepada aparat di wilayah dan mitra Dinsos (masyarakat),” ungkapnya.

PPKS ini kan sifatnya masalah penanganan, didalamnya seperti untuk disabilitas, gepeng, anak terlantar dan sebagainya.

“Seperti beberapa waktu lalu ditemukan orang sakit di Pasar Pelita, kita tangani dulu kesehatannya, setelah sembuh baru disampaikan ke dinsos untuk penanganan sosialnya. Kecuali kalau PPKS yang perlu penanganan sosial langsung kita tangani pada dinsos,” pungkas Cecep. (Anne)

Categories: Regional