Dukung PSBB di Sumedang, PT Kahatex Telah Merumahkan 15.682 Karyawan - El Jabar

Dukung PSBB di Sumedang, PT Kahatex Telah Merumahkan 15.682 Karyawan

SUMEDANG, eljabar.com — Guna memenuhi persyaratan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang telah diberlakukan sejak 22 April 2020 hingga 5 Mei 2020 mendatang, salahsatu perusahaan textile terbesar di Kabupaten Sumedang Jawa Barat (Jabar) PT. Kahatex telah merumahkan karyawannya sebanyak 15.682 orang.

Hal itu disampaikan Manajer Umum Bidang Humas dan Lingkungan PT Kahatex, Luddy Sutedja kepada wartawan, Minggu (26/4/2020).

“Dalam rangka memenuhi persyaratan PSBB, kami mohon maaf sudah tidak bisa menambah lagi pengurangan karyawan. Dikarenakan divisi-divisi yang saat ini masih produksi adalah divisi yang harus menyelesaikan delivery order Mei dan Juni 2020,” katanya.

Kendati demikian, sambung Luddy, walaupun kondisi barang belum bisa dikirim tetapi komitmen awal harus tetap dijaga sehingga pada saat nanti kondisi sudah membaik semua barang sudah siap kirim.

“Saat ini karyawan kami yang masih bekerja sebanyak 15.000 orang dibagi 3 shift. Jadi setiap shift nya hanya 5.000 orang dengan tetap ada pengaturan libur setiap shift nya sekitar 700 sampai 800 orang. Setiap shift yang aktif bekerja hanya sekitar kurang lebih 4.300 orang karyawan,” ujarnya.

Lebih dari itu, terang Luddy, Pada 22 April 2020 kemarin, pihaknya telah membagikan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk 5.000 orang karyawan.

“Pemberian THR di awal Ramadhan merupakan salahsatu komitmen perusahaan dengan 4 serikat pekerja yang telah disepakati sejak 23 Maret 2020 pada saat awal kami merumahkan karyawan, Sehingga karyawan kami tidak kesulitan dalam menghadapi pandemi Covid-19. Awalnya kami ingin membagikan THR untuk seluruh karyawan yang dirumahkan namun, Bapak Bupati Sumedang tidak berkenan sebab, bertepatan dengan hari pertama PSBB sehingga, sisanya atas kesepakatan bersama kami tunda sampai PSBB berakhir,” tuturnya. (Abas)

Categories: Ekonomi