Elevasi Muka Air Makin Tinggi, Bendungan Bendo Terus Dibenahi – El Jabar

Elevasi Muka Air Makin Tinggi, Bendungan Bendo Terus Dibenahi

PONOROGO, eljabar.com — Pasca pengisian awal Bendungan Bendo di Ponorogo dimulai pada 31 Juli 2021 lalu, tinggi muka air salah satu proyek strategis nasional bidang ketahanan pangan dan air terus meningkat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, hingga 29 Agustus 2021 tinggi muka air bendungan setinggi 71 meter tersebut sudah mendekati 172 meter di atas permukaan air laut.

Ketinggian muka air Bendungan Bendo tersebut dapat terlihat dari alat pengukur sementara yang dipasang di dekat pohon pada area genangan.

Kendati demikian, beberapa pekerjaan yang tidak termasuk dalam katagori pekerjaan utama masih terus dituntaskan. Pekerjaan tersebut diantaranya adalah perkuatan lereng dengan shotcrete serta pekerjaan rockbolt. Hal ini dilakukan untuk menguatkan bagian-bagian dari bendungan dari potensi longsor akibat gerakan batuan dalam.

Secara teknik, Bendungan Bendo sudah dinyatakan memenuhi kelayakan dan keamanan oleh Komisi Keamanan Bendungan (KKB).

Sebab, impounding atau pengisian awal bendungan tidak akan dilaksanakan tanpa sertifikasi impounding yang diputuskan dalam Sidang Pleno Komisi Keamanan Bendungan.

Sementara itu, akses masuk ke Bendungan Bendo telah ditutup untuk umum. Di gerbang utama bendungan dengan daya tampung 43,11 juta meter kubik itu dijaga ketat oleh petugas keamanan. Hanya pekerja yang diijinkan memasuki area bendungan tersebut.

Di sisi lain, antusias masyarakat untuk melihat dari dekat Bendungan Bendo belum bisa dipenuhi. Mereka harus memutar dan mendaki bukit hingga mendapat spot di atas puncak bendungan.

Selain untuk menghindari terjadinya kerumunan, penutupan sementara Bendungan Bendo dimaksudkan juga agar aktifitas pekerjaan di area bendungan tersebut tidak terganggu. (*wn)

Categories: Regional