FK BPD Kabupaten Sumedang Dilantik Bupati Sumedang - El Jabar

FK BPD Kabupaten Sumedang Dilantik Bupati Sumedang

SUMEDANG, eljabar.com — Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menyampaikan ucapan selamat kepada Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa (FK BPD) Kabupaten Sumedang yang telah dilantik dan diambil sumpah janjinya pada Rabu (7/4) di Pendopo Setda, Kawasan Pusat Pemerintahan Kabupaten Sumedang.

“Mudah-mudahan FK BPD yang baru saja dilantik bisa menjalankan tugas-tugasnya dengan baik, yang pada akhirnya akan bermanfaat bagi masyarakat sesuai dengan tujuan adanya BPD yaitu untuk menegakkan demokrasi dan mensejahterakan masyarakat,” ucap Bupati saat menghadiri pelantikan.

Dikatakan Bupati, keberadaan BPD dilindungi oleh Undang-Undang dan mempunyai payung hukum sehingga diharapkan BPD berfungsi dengan baik dan menjalankan tugasnya dengan efektif.

“BPD tidak sekedar menjadi ornamen demokrasi di desa, namun harus mampu menjalankan tugasnya.
Termasuk Pemkab Sumedang berkepentingan untuk lebih mengefektifkan fungsi-fungsi BPD. Dengan dibentuknya Perda dan Perbup, itu merupakan bukti kompeten kami untuk memfungsikan BPD dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Menurut Bupati, FK BPD Kabupaten Sumedang telah mencatat sejarah dimana untuk pertama kalinya FK BPD baru dibentuk di Kabupaten Sumedang.

“Setelah ini FK BPD harus mencetak sejarah kembali dengan cara BPD harus menjalankan fungsi-fungsinya dengan baik sebagaimana peraturan perundang-undangan,” ujarnya.

Bupati mengatakan, fungsi dari BPD sendiri yakni menegakan demokrasi desa dan mensejahtetakan masyarakat desa.

“BPD, pemerinta desa, kecamatan dan kabupaten, semuanya hadir untuk menjadi instrumen untuk mensejahterakan masyarakat sesuai dengan fungsinya masing-masing,” ungkapnya.

Bupati berharap keberadaan BPD harus bisa memastikan perjalanan pemerintahan desa sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Bagaimana pelaksanaan kegiatan penyelenggaraan pemerintahan desa, pelayanan masyarakat desa dan pembangunan desa selaras dengan RPJMDes, RKPDes dan APBDes,” terangnya.

Bupati juga berpesan agar apa yang menjadi kebijakan Pemerintah Kabupaten Sumedang, dalam hal ini SAKIP Desa, agar di jalankan dengan baik karena akan berdampak terhadap pengentasan kemiskinan.

“Karena SAKIP Desa mempunyai tiga indikator utama yakni mengurangi angka kemiskinan, menurunkan stunting dan meningkatkan pelayanan publik,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum FKBPD Asep Suryana mengucapkan, terima kasih kepada Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir dan pemerintah daerah yang telah membentuk Peraturan Bupati No.133 sehingga Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Daerah dapat terbentuk di Kabupaten Sumedang.

“Saya berharap FKBPD Kabupaten Sumedang dapat terus bangkit dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan yang ada di desa masing-masing,” ungkapnya.

Dengan terbentuknya kepengurusan FK BPD, menurut Asep telah memberikan kesempatan kepada pengurus kecamatan yang ada di ruang lingkup desa masing-masing.

“Diharapkan komunikasi organisasi dapat menjadi lebih ringan. Karena forum ini dibentuk untuk berkomunikasi, berkoordinasi dan menyampaikan apa yang harus dilakukan oleh BPD yang menjadi mitra kerja dengan pemerintah daerah,” terangnya.

Terakhir Asep mengatakan, program pemerintah yakni Sumedang Simpati akan menjadi lebih fokus dan mudah karena FKBPD menjadi sebuah media publikasi dengan berdiskusi, berhimpun dan menyampaikan program-program yang perlu dipandang serius sampai ke tingkat desa di Kabupaten Sumedang.

Categories: Regional