Herman Suryatman”Sumedang Sebagai Tujuan Wisata Pemerintahan (Government Tourism).” – El Jabar

Herman Suryatman”Sumedang Sebagai Tujuan Wisata Pemerintahan (Government Tourism).”

Sumedang,eljabar.com — Banyaknya kunjungan kerja beberapa Pemerintah Daerah ke Kabupaten Sumedang menjadikan Sumedang sebagai tujuan ‘wisata pemerintahan’ (government tourism).

Demikian ujar Sekretaris Daerah Herman Suryatman usai menerima kunjungan studi banding Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan, Senin (6/12), di Command Centre  Sumedang.

“Hampir setiap hari Pemda Sumedang menerima kunjungan studi komparatif dari berbagai kabupaten dan kota di Indonesia. Kemarin kita kedatangan dari Belitung Timur dan sebelumnya lagi dari Ogan Ilir. Sekarang dari Kuningan,” tutur Sekda.

Menurutnya, selain menjadi ajang sharing pengalaman, meningkatnya jumlah kunjungan akan memberikan efek domino bagi sektor pariwisata dan sektor ekonomi riil lainnya.

“Studi komparatif ini sebetulnya government tourism yang berdampak pada sektor pariwisata dan sektor ekonomi rill lainnya seperi pariwisata, perhotelan, restoran dan UMKM,” kata Sekda Herman.

Lebih lanjut dikatakan Sekda, banyaknya kunjungan dari berbagai daerah menjadi motivasi dan inspirasi untuk terus belajar.

“Meski Pemda Sumedang ‘one step ahead’ dari kabupaten kota lainnya dalam pencapaian SPBE, namun apa yang sudah sudah diraih masih harus disempurnakan,” tuturnya.

Ia mengatakan, esensi pemerintahan adalah harus mensejahterakan rakyat. Oleh karena itu, pihaknya sedang bekerja keras, tidak hanya  berfokus pada reformasi birokrasi yang bagus, tetapi juga pada penurunan angka kemiskinan, stunting, dan pengangguran.

“Kemiskinan, stunting dan pengangguran harus menurun. Itu menjadi komitmen jajaran birokrasi Pemda Sumedang,” ujarnya.

Pada sisi yang lain, kata Sekda, Kabupaten Sumedang tidak pelit untuk berbagi dengan daerah lain karena menurutnya di saat memberi, pasti akan menerima.

“Falsafah kita Insun Medal Insun Madangan. Aku lahir untuk memberikan penerangan. Kalau Sumedang ingin maju, maka apa yang sudah diraih  harus dibagi dengan kabupaten/kota lainnya agar akan menambah berkah sehingga Jabar Juara dan pada akhirnya bisa mendorong Indonesia Maju,” pungkasnya.

Keberhasilan Sumedang dalam meraih predikat tertinggi dalan penerapan SPBE menjadi rujukan bagi pemerintah kabupaten/kota se-Indonesia untuk belajar, khususnya mengenai inovasi e-Office dan e-SAKIP.(abas)

Categories: Regional