Ikuti Protokol Kesehatan, MPP Sumedang Dibuka Kembali - El Jabar

Ikuti Protokol Kesehatan, MPP Sumedang Dibuka Kembali

SUMEDANG, eljabar.com — Setelah hampir selama tiga bulan ditutup akibat pandemi Covid-19, akhirnya  Selasa (9/6/2020), Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Sumedang  beroperasi kembali memberikan pelayanan menjelang diberlakukannya Adaptasi Kehidupan Baru (AKB).

Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan beserta jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang  melihat langsung pelayanan MPP mulai dari penerimaan pengunjung di pintu masuk utama, proses pelayanan di dalam ruangan, sampai pintu keluar sesuai alur protokol kesehatan.

Plt. Kepala DPTMPTSP Agus Suherman mengatakan, dirinya merasa bersyukur atas kembali beroperasinya MPP, dengan harapan pelayanan dapat berjalan dengan aman, lancar, tertib dan sukses.

Selain itu, dalam situasi AKB ini ia memohon masyarakat agar bisa mematuhi protokol kesehatan sebagai pedoman dalam pelayanan.

“Protokol kesehatan tetap harus diperhatikan. Mulai dari cuci tangan, masuk bilik diinfektan, pemeriksaan suhu tubuh dan hand sanitizer. Setelah itu mereka akan langsung diberikan pelayanan oleh kita,” ujarnya.

Dikatakannya, walaupun saat ini MPP sudah mulai dibuka,  pelayanan di MPP masih bersifat terbatas dan pendaftaran dilakukan secara online.

“Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pengunjung dan sebagai bagian dari SOP protokol kesehatan penanganan covid-19,” terangnya.

Menurutnya, untuk sementara pelayanan di MPP dibatasi yakni diberikan kuota tidak lebih dari 50 orang per jenis layanan.

“Secara bertahap, jumlah pengunjung dibatasi dahulu 50 pengunjung per konter. Harapannya ke depan bisa berjalan lancar, aman dari covid-19,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan meninjau mengatakan bahwa  persiapan dan pelaksanaan di MPP sudah berjalan dengan cukup baik dimana protokol kesehatan menjadi hal utama yang dipedomani masyarakat dan petugas MPP.

“Alhamdulillah, sudah berjalan cukup baik walapun tadi di luar masih ada sedikit kerumunan. Saya harap physical distancing dan protokol kesehatan nomor satu harus dilaksanakan. Kalau itu tidak dilaksanakan, lebih baik jangan dipersilakan masuk,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan Wabup, guna memastikan kesehatan dan keamanan ketika MPP beroperasi kembali, sebelumnya telah dilaksanakan rapid test kepada para petugas loket pelayanan. Dilakukan pula sampel rapid test kepada pengunjung oleh petugas Satgas Covid di MPP saat pembukaan.

“Hari ini (Selasa, 9/6/2020) kita akan sampling untuk para pengunjung. Kalau untuk para petugas kemarin sudah dilaksanakan rapid test secara keseluruhan. Alhamdulillah hasilnya 100 persen negatif,” tuturnya. (Abas)

Categories: Pemerintahan