Intensifkan Elektrifikasi Pulau Kangean, PLN Rancang Tiga Tahap Percepatan – El Jabar

Intensifkan Elektrifikasi Pulau Kangean, PLN Rancang Tiga Tahap Percepatan

SUMENEP, eljabar.com — Elektrifikasi Pulau Kangean yang menjadi prioritas PLN UP3 Pamekasan terus gencar dilaksanakan.

Program tersebut juga sejalan dengan program Pemerintah Provinsi Jawa Timur yaitu memenuhi layananan kebutuhan kelistrikan di kepulauan.

Bahkan, untuk menyukseskan program elekttifikasi di Pulau Kangean itu PLN UP3 Pamekasan telah menyusun strategi percepatan yang terdiri dari tiga tahap dan digencarkan pelaksanaannya mulai tahun 2021.

Untuk Tahap I, saat ini sudah beroperasi di Desa Timur Jangjang, Jukong-jukong, Torjek dan Kangayan dengan kapasitas beban sebesar 350 kilowatt.

Sementara untuk Tahap II meliputi Desa Gelaman, Cengkramaan, Tembayangan, Buddi dan Batuputih. Sedangkan untuk Tahap III akan dibangun interkoneksi sistem Pulau Kangeyan dengan Pulau Mamburit dan Sagubing.

Hal ini dikemukan oleh Manajer PLN ULP Kangean Muhammad Daan Lazuardi.

“Interkoneksi sistem itu dengan penambahan beban sebesar 600 kilowatt,” kata Daan.

Daan menambahkan, dengan tiga tahap percepatan tersebut makan desa-desa dan seluruh dusun yang ada di Pulau Kangean segera dapat menikmati listrik.

Lebih lanjut ia memaparkan, PLN terus menggencarkan elektrifikasi, total realisasi penyambungan di Pulau Kangealn tahun 2020 sebanyak 1.965 pelanggan dengan daya tersambung sebesar 1.965.150 volt ampere.

Sementara pada tahun 2021 ini, menurut Daan, realisasi penyambungan sebanyak 1.724 pelanggan dengan daya tersambung sebesar 2.278.050 volt ampere.

“Pulau Kangean disuplai 9 unit mesin PLTD dengan kemapuan daya sebesar 4.050 kilowatt,” ujar Daan.

Selanjutnya, PLN juga merencanakan untuk menambah kapasitas pembangkit di Pulau Kangean serta akan menyalakan di 26 pulau yang belum mendapat layanan listrik.

Bahkan, pihak PLN telah menyediakan aplikasi PLN Mobile agar memudahkan pelanggan. Masyarakat yang ingin mendapat layanan PLN tidak perlu mendatangi kantor-kantor layanan PLN.

“Pelanggan juga bisa mengetahui secara persis biaya yang dikeluarkan dan perkembangan dari tahapan-tahapan proses yang dilalui,” imbuh Daan.

Selain itu, proses pembayaran juga bisa dilakukan melalui m-banking atau channel pembayaran digital lain dan para pelanggan langsung dapat dilayani dalam waktu yang lebih singkat karena tersinkronisasi dengan aplkasi PLN Mobile.

Adapun cara melakukan pasang baru via PLN Mobile adalah sebagai berikut:
1.Pilih menu layanan listrik
2.Pilih fitur pasang baru
3.Konfirmasi titik lokasi
4.Lengkapi form dan submit

Sementara untuk melakukan pengecekan status permohonan:
1.Pilih menu layanan listrik
2.Pilih tombol riwayat di pojok kanan atas
3.Tampil list permohonan dan klik untuk melihat detail

Untuk mendapat aplikasi PLN Mobile masyarakat bisa mengunduh di App Store dan Play Store. (idrus/ury)

Categories: Regional