Jadi Tuan Rumah MTQ Ke 29 Jatim, Satpol PP Pamekasan Sosialisasi Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan Kota – El Jabar

Jadi Tuan Rumah MTQ Ke 29 Jatim, Satpol PP Pamekasan Sosialisasi Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan Kota

PAMEKASAN, eljabar.com — Menjelang penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi Jawa Timur ke XXIX Tahun 2021 di Kabupaten Pamekasan, Satpol PP bersama stake holder dan instansi terkait akan melakukan penertiban terhadap aktivitas sektor informal yang selama ini memanfaatkan fasilitas jalan dan trotoar.

Rencananya, para pelaku usaha sektor informal atau yang dikenal dengan istilah PKL, nantinya akan ditampung sementara waktu di lahan bekas rumah sakit milik Pemkab Pamekasan yang berada di Jl. Kesehatan.

Hal ini dilakukan untuk menjaga ketertiban dan keindahan kota Pamekasan yang didapuk menjadi tuan rumah penyelenggara MTQ ke 29 Jatim bulan November 2021 mendatang.

Selain pelaku usaha informal, sejumlah baliho ketua Parpol, baik yang memiliki izin maupun yang tidak, telah diturunkan oleh petugas Satpol PP di sejumlah lokasi.

Kepala Satpol PP Kabupaten Pamekasan Achmad Kusaeri mengatakan penertibah yang dilakukan pihaknya dilaksanakan tanpa tebang pilih.

Namun Kusaeri mengakui bahwa sebelum melakukan penertiban pihaknya telah mengirim surat ke pengurus cabang parpol yang ada di Pamekasan.

Selain itu, pihaknya juga melakukan sosialisi terkait ketertiban dan keamanan terhadap pihak-pihak yang memanfaatkan jalan dan trotoar serta ruang terbuka di kota berjuluk Bumi Gerbang Salam.

“Mulai PKL, pedangang pasar hingga para pengamen akan diberi penyuluhan ketertiban, keamanan dan keindahan kota menjelang penyelenggaraan MTQ tingkat Jatim,” kata Kusaeri, Selasa (07/09/2021).

Untuk itu, imbuh Kusaeri, Satpol PP Pamekasan akan memberikan kartu pengenal kepada PKL dan pedagang pasar tumpah.

“Kartu pengenal itu berfungsi agar keberadan PKL dan pedagang lainnya mudah untuk didata,” kata Kusaeri.

Para pedagang pasar yang biasanya tumpah hingga ke jalan nantinya akan disediakan tempat penampungan sementara.

“Kita sama-sama menjaga ketertiban, keamanan dan keindahan kota sehingga pada saat MTQ digelar, akan memberikan suasana nyaman kepada peserta dan kafilah dari seluruh daerah Jawa Timur,” pungkasnya. (idrus)

Categories: Regional