Kadishub Angkat Bicara, Kebocoran PAD Akibat Sistem Parkir Roda Empat Dan Roda Dua Tidak Terkontrol – El Jabar

Kadishub Angkat Bicara, Kebocoran PAD Akibat Sistem Parkir Roda Empat Dan Roda Dua Tidak Terkontrol

PAMEKASAN, eljabar.com – Penanganan sistem parkir roda dua dan roda empat di Pasar Kolpajung kini ramai disorot. Banyaknya oknum juru parkir liar yang meminta retribusi parkir kepada masyarakat yang membawa kendaraan saat hendak berbelanja di pasar tersebut, kini memicu keresahan masyarakat.

Kendaraan roda empat maupun lebih yang parkir di bahu jalan pasar itu mengundang praktik pungli yang dilakukan oleh oknum jukir serta para pereman pasar. Mereka dengan sengaja memungut tarif parkir di atas ketentuan yang ditetapkan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Pamekasan. Namun sayangnya, praktik pungli yang berlangsung sejak lama itu belum ditertibkan oleh pihak terkait.

Kpala Dinas Perhubungan Kabupaten Pamekasan, Basru menuturkan, pihaknya akan melakukan kordinasi lintas sektor untuk menertibkan persoalan tersebut, sebab Dishub tidak bisa bekerja sendirian.

Menurut Basri, kewenangan pengelolaan pasar tersebut berada di Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Sementara untuk kewenangan parkir dan pengaturan lalu lintasnya berada di Dishub. Sedangkan pemanfaatan bahu jalan untuk parkir kendaraan roda empat atau lebih.

“Kondisi lahan di Pasar Kolpajung tidak memungkinkan ditempati parkir oleh roda empat maupun lebih, langkah sementara kami lakukan sistem parkir dibahu jalan,” kata Basri, Senin (10/01/2022).

Selanjutnya Basri menerangkan, kondisi ini memang memicu adanya oknum jukir liar yang dengan sengaja meminta retribusi parkir lebih kepada pengendara.

Untuk itu pihaknya akan melakukan beberapa antisipasi guna menekan dan menertibkan keberadaan jukir liar yang kerap beroperasi di Pasar Kolpajung.

“Kami akan menambah jam kerja jukir, semula dari jam 06.00 sampai 07.00 pagi, kini akan diterapkan di jam 06.00 sampai 08.30 pagi,” ujarnya.

Selain itu dia mengaku telah menyiapkan berapa langkah strategis, termasuk nantinya akan dibangunkan portal parkir elektronik di Pasar Kolpajung.

Ini akan dilakukan setelah pihaknya berkoordinasi dengan OPD terkait, agar bisa meminimalisir praktik pungli yang terjadi selama ini.

“Sekaligus untuk menekan kebocoran PAD dari sektor parkir,” tegasnya. (idrus)

 

Categories: Nasional