Kantor SAR Bandung Melakukan Gelar Personil dan Alut dalam Siaga SAR Khusus Nataru - El Jabar

Kantor SAR Bandung Melakukan Gelar Personil dan Alut dalam Siaga SAR Khusus Nataru

BANDUNG, eljabar.com – Jumat, 18 Desember 2020, sekitar pukul 09.00 WIB, Personil Kantor SAR Bandung melakukan gelar personil dan alut dalam rangka Siaga SAR Khusus Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru).

Siaga SAR Khusus Nataru ini akan di gelar selama 18 hari sejak 18 Desember hingga 4 Januari 2021  mendatang. Puncak arus mudik diperkirakan pada tanggal 23 Desember 2020 dan puncak arus balik tanggal 3 Januari 2021.

Apel dipimpin oleh Kepala Seksi Operasi dan Siaga, Supriono S.H. Dalam sambutannya, beliau membacakan sambutan langsung dari Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS), Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito., S.E., M.M.

Dalam sambutannya beliau menyebutkan bahwa Pelaksanaan Siaga SAR Khusus dimaksud akan disesuaikan dengan kebijakan Pemerintah dalam pencegahan penyebaran pandemi covid-19.

“Basarnas melaksanakan Siaga SAR Khusus dengan tujuan mewujudkan pelayanan SAR yang Profesional, Sinergi dan Militan untuk mendukung Kebijakan Pemerintah dan melaksanakan Siaga SAR Khusus Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, bekerjasama dengan Kementerian/ Lembaga terkait seperti Kementerian Perhubungan, TNI/ Polri, Pemerintah Provinsi/ Kota, Pemerintah Daerah, Gugus Tugas covid-19 dan potensi SAR dengan selamat dan aman,” katanya.

Kesiapsiagaan Basarnas dalam Siaga SAR Khusus Nataru harus selalu ditingkatkan dari tahun ke tahun, baik koordinasi, kesiapansiagaan personil, serta peralatan dan keterampilan, untuk peningkatan kecepatan waktu tanggap (respon time) jika terjadi kecelakaan, bencana, dan Kondisi Membahayakan manusia.

“Beberapa hal yang perlu saya tekankan kepada semua petugas Siaga SAR Khusus Nataru ini, agar aktif berkoordinasi dan bersinergi dengan potensi SAR terkait, menjaga nama baik organisasi, ikuti prosedur yang ada, tunjukan bahwa kita bekerja secara profesional, sinergi dan militan, serta utamakan faktor keselamatan dalam pelayanan sar bagi petugas dan masyarakat serta jangan kendor dengan Protokol Kesehatan terkait pandemi Covid19,” jelasnya..

Kantor SAR Bandung menyiapkan total kekuatan 93 personil yang tersebar di Pos SAR Tasikmlaya, Pos SAR Cirebon dan KN 206 Bandung. Serta alut dan palsar yang siap digunakan mulai dari sarana darat, sarana air, peralatan komunikasi, peralatan medis hingga pendukung lainnya.

Adapun lokasi posko yang disiagakan, lanjutnya, oleh Kantor SAR Bandung yaitu terdiri dari posko Utama di Kantor SAR Bandung, Pos SAR Tasikmalaya, Pos SAR Cirebon dan tim mobile yang terdiri dari Pantai Pangandaran, Pantai Santolo Garut, Cikopo Purwakarta, Tol Cipali KM 102 dan 164, waduk Dharma Kuningan dan Nagreg. Dengan kekuatan personil dan alut yang dimiliki maka Kantor SAR Bandung siap melaksanakan Siaga SAR Khusus Natal 2020 dan tahun baru 2021. (Abas)

Categories: Regional