Kapolres Sumedang: Jadikan Momen HKP Sebagai ‘Senjata’ Menjaga Keutuhan NKRI - El Jabar

Kapolres Sumedang: Jadikan Momen HKP Sebagai ‘Senjata’ Menjaga Keutuhan NKRI

SUMEDANG, eljabar.com – Hari ini segenap Bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila (HKP) yang diperingati setiap tahunnya, Ideologi bangsa dan falsafah negara diuji oleh sejarah melalui rentetan peristiwa kekerasan, penghianatan dan perebutan kekuasaan.

Sementara itu, pada momen istimewa ini, Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto mengajak segenap lapisan bangsa untuk menjadikan momen HKP sebagai ‘senjata’ menjaga keutuhan Negara Kesatuan Repbulik Indonesia (NKRI).

“Mari kobarkan semangat Hari Kesaktian Pancasila ini untuk membentengi keutuhan NKRI. Meski begitu, kita tidak boleh lupa akan sejarah kelam negeri ini, di mana pahlawan Indonesia gugur dalam memperjuangkan NKRI,” ungkap Eko, Kamis (1/10/2020).

Ia menjelaskan, Pancasila sebagai ideologi atau falsafah negara ini, pernah mengalami berbagai cobaan yang hampir meluluhlantakkannya. Namun berkat perjuangan para leluhur bangsa ini, Pancasila dapat diselamatkan sehingga sampai saat ini tetap kokoh sebagai pemersatu berbagai suku, ras, agama, golongan, dan aliran kepercayaan.

“Perjuangan terhadap Pancasila dimulai dari proses konsensus pendiri bangsa menetapkan sebuah dasar negara, perumusan, perjuangan melawan pemberontak, hingga menjaga cita-cita luhur pendiri bangsa menuju Indonesia yang disegani di seluruh dunia,” jelasnya.

Menurut Eko, Kesaktian Pancasila memberikan arti bahwa perjuangan dalam mengisi dan mempertahankan kemerdekaan harus berdiri di atas tonggak yang kuat dan menguatkan.

“Sejarah kelam dan perjuangan leluhur kita harus dijadikan kebulatan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI,” tuturnya.

“Kita tidak boleh melupakan sejarah. Dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila, kita perkokoh kesatuan dan persatuan menuju Bangsa Indonesia yang Berkarakter,” tambahnya semangat.

“Selamat Hari Kesaktian Pancasila! Kobarkan semangat perjuangan untuk selalu mempertahankan NKRI! Kibarkan Sang Merah Putih di mana pun kita berada! Tunjukkan pada dunia bahwa dengan Pancasila, Indonesia akan tetap jaya!” serunya. (Abas)

Categories: TNI / POLRI