Kepsek “Teler”, Ada Barang Masuk ke Sekolah Tidak Sesuai ARKAS? – El Jabar

Kepsek “Teler”, Ada Barang Masuk ke Sekolah Tidak Sesuai ARKAS?

KAB. BANDUNG, eljabar.com — Penggunaan dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) reguler dari pemerintah pusat harus transparan dan akuntabel berdasarkan Permendikbud nomor 8 tahun 2020 tentang petunjuk teknis (juknis) dan melakukan input RKAS oleh tim BOS di sekolah, yakni aplikasi Rencana Kegiatan dan Angggaran Sekolah (ARKAS).

Anehnya kata sumber, kendati tim monitoring dan evaluasi (monev) penggunaan BOS dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bandung, turun kelapangan guna memeriksa  RAKS, nyatanya barang yang tidak dipesan sekolah bisa masuk, aneh?

“Tidaklah heran, dana BOS catur wulan tiga 2021 cair, manager sekolah kepalanya ‘Teler’, sebab ada barang masuk tidak sesuai ARKAS, seperti buku dan spanduk ini menguntungkan segelintir oknum disaat sekolah sedang sibuk mempersiapkan siswa kelas V menjalani Asesmen Kopetensi Minimun (AKM),” urai sumber kepada eljabar.com, Selasa (26/10/2021).

Sumber lain menegaskan, “Bisnis buku ke sekolah bisa untung  40 persen. Jadi jangan kaget jika ada oknum wartawan tebal muka melacurkan diri jadi pedagang buku dan lain-lain, sembarai maksa pula,” tandasnya.

Pendidik SMPN angkat bicara, “Sudah jadi rahasiah umum penggunaan dana BOS disinyair bisa diutak-atik dan masing-masing sudah punya kartu trup, hingga yang tidak mungkin jadi nyata,” ungkapnya. A56

Categories: Pendidikan