Launching Pastana, Bupati Pamekasan Tinjau Vaksinasi Serentak di Tiga Ponpes – El Jabar

Launching Pastana, Bupati Pamekasan Tinjau Vaksinasi Serentak di Tiga Ponpes

Pamekasan, eljabar.com — Bupati Pamekasan Badrut Tamam mengukuhkan tiga Ponpes menjadi contoh Pesantren Tangguh Bencana (Pastana).

Pastana adalah tajuk dari cara dan strategi Bupati Pamekasan untuk menekan dan mencegah penyebaran virus Covid-19 di lingkungan ponpes.

Tiga ponpes yang didapuk menjadi percontohan Pastana terdiri dari Pondok Pesantren Al Djufri di Blumbungan, Pondok Pesantren Karang Manggis di Rombuh dan Pondok Pesantren Sumber Saari, Rekkerrek, Kecamatan Palengngaan, Pamekasan.

Seluruh santri dari tiga ponpes tersebut juga menjadi peserta vaksinasi. Selain untuk meningkatkan imunitas, vaksinasi yang digelar melalui tiga gerai di masing-masing ponpes tersebut juga dimaksudkan untuk membentuk kekebalan komunal di lingkungan pesantren.

Santri Tangguh Bencana (Santana) menjadi bagian tak terpisahkan dari gagasan Bupati tentang Pastana. Bahkan, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya vaksinasi, masyarakat di sekitar ponpes juga ikut menjadi pelaksanaan Pastana.

Pada kesempatan tersebut Bupati Badrut Tamam menyampaikan apresiasi atas dukungan terhadap Pastana dan Santana.

“Saya sampaikan terimakasih kepada masyarakat dan para santri yang sudah menjadi pelopor dalam mendukung percepatan vaksinasi hingga makin cepat tercipta heard imunity,” kata Badrut.

“Dengan tetap menerapkan pola hidup sehat, kita semua terhindar dari wabah Covid 19,” timpalnya.

Selain itu, Pastana dan Santana, menurut Badrut Tamam, dikukuhkan untuk melindungi ponpes dan lingkungan sekitar. Aktifitas ponpes akan menerapkan standar protokol kesehatan secara ketat.

Baik pengasuh maupun santri akan melewati bilik disinfektan saat memasuki lingkungan ponpes, menggunakan masker dan mencuci tangan di fasilitas yang sudah disediakan.

“Ini sebagai ikhtiar agar kita terhindar dari Covid-19,” ujar Badrut.

Sebelumnya, Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam juga meresmikan dua pesantren Pastana yaitu Ponpes Al Mujtama’, Desa Plakpak, Kecamatan Pegantenan, dan Ponpes Al Hasan, Desa Srambah, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan. (idrus)

Categories: Pemerintahan