Longsor Cimanggung Rusak 14 Rumah dan 12 Orang Masih dalam Pencarian - El Jabar

Longsor Cimanggung Rusak 14 Rumah dan 12 Orang Masih dalam Pencarian

SUMEDANG, eljabar.com — Hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan tebing setinggi 20 meter longsor dan menimpa 14 rumah di Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung. Senin (9/1/2021) sekira Pukul 16:00 WIB sore.

Kasi Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, Yedi mengatakan, sedikitnya 14 rumah mengalami rusak berat akibat longsornya tebing dengan ketinggian 20 meter dengan panjang 40 meter tersebut.

Adapun upaya yang telah dilaksanakan oleh Pusdalops BPBD Kabupaten Sumedang dan Basarnas, langsung melakukan mengasesment ke lokasi kejadian, dan mencari korban yang tertimbun.

“Kurang lebih 12 orang masih dalam pencarian, dan untuk sementara waktu menunggu alat berat dari basarnas,” kata Yedi ketika dikonfirmasi korkum.

Yedi mengimbau, agar masyarakat selalu waspada pada musim penghujan ini. Terlebih secara topografi, wilayah Kabupaten Sumedang merupakan wilayah berbukit dan pegunungan, sehingga sangat berpotensi terjadinya pergerakan tanah dan longsor saat hujan deras.

“Jadi, kami mengimbau agar masyarakat harus selalu meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian terutama saat terjadi hujan,” tandasnya. (Abas)

Categories: Regional