Lulus 100 Persen, Walikota Menutup Latsar Calon PNS Kota Sukabumi – El Jabar

Lulus 100 Persen, Walikota Menutup Latsar Calon PNS Kota Sukabumi

SUKABUMI, eljabar.com — Walikota Sukabumi Achmad Fahmi menutup kegiatan pelatihan dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil di Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Sukabumi, Rabu (06/10/2021).

Hadir juga Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BP SDM) Provinsi Jawa Barat Hery Antasari.

Fahmi mengungkapkan, tiga hal yang menjadi catatan penting untuk para peserta Latsar. Yakni, sebanyak 118 orang yang telah lulus 100 persen.

Untuk itu Fahmi meminta agar nanti menjadi aparatur yang melayani dengan hati dan meningkatkan kompetensi sehingga keberadaanya dirasakan oleh masyarakat dan menjadi kebanggaan warga, sehingga masyarakat nyaman.

“Bukti syukur menjadi PNS adalah kalian jadilah aparat yang baik,” ujar Fahmi.

Lanjutnya, namun meskipun dengan lulusnya para peserta CPNS yang mengikuti latsar tahun ini, kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Sukabumi masih sangat tinggi.

“Saat ini masih amat jauh kekurangan ASN di Kota Sukabumi. Oleh karena itu, kita terus melakukan upaya untuk mencukupi kekurangan tersebut,” ungkapnya.

Senada dengan Wali Kota Sukabumi, Kepala Badan Pengembangan SDM (BPSDM) Provinsi Jawa Barat Hery Antasari mengatakan, kebutuhan ASN di lingkungan Provinsi Jawa Barat juga tinggi.

“Berdasarkan data yang kita pegang saat ini, 1 Triliun APBD Provinsi Jawa Barat itu, dialokasikan untuk non PNS atau tenaga teknis. Berarti kebutuhan PNS dilingkungan Provinsi Jawa Barat itu juga tinggi,” ungkapnya.

Lanjutnya, meskipun demikian, ia tetap mengapresiasi terhadap peran pemerintah daerah saat ini, khususnya dalam pemenuhan kebutuhan PNS di wilayahnya.

Ia juga mengapresiasi atas capaian peserta latsar CPN Kota Sukabumi, dari segi kwantitas pencapaian nilai yang memuaskan.

“Kalau biasanya, itu paling tinggi di angka 20 atau 30 persen yang nilainya memuaskan. Untuk Kota Sukabumi 50 persen, itu berarti kwalitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kota Sukabumi itu sudah sangat baik,” pungkasnya. (Anne)

Categories: Pemerintahan