Pemkab Sumedang Dorong Kaum Muda untuk Jadi Pemimpin di Masa Depan - El Jabar

Pemkab Sumedang Dorong Kaum Muda untuk Jadi Pemimpin di Masa Depan

SUMEDANG, eljabar.com — Pemimpin tidak dilahirkan tetapi diciptakan. Mencetak pemimpin itu menjadi tanggung jawab bersama. Oleh karenanya, Pemda Kabupaten Sumedang berkomitmen untuk mendorong kaum muda untuk menjadi para pemimpin masa depan di tingkat lokal, regional dan nasional.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman pada saat melantik 11 orang pengurus Forum OSIS Kabupaten Sumedang (FOKS) di Pendopo IPP Kabupaten Sumedang, Rabu (8/7/2020).

Dikatakan Sekda Herman, FOKS merupakan wadah organisasi bagi seluruh pengurus OSIS SMK, SMA, dan MA untuk menjadi modal awal seseorang pemimpin.

“Forum ini sebagai wadah penghubung untuk saling bertukar fikiran, berkomunikasi, dan bersama-sama menciptakan kreasi serta inovasi yang ada di OSIS sekolahnya. ini menjadi awal kalian mencapai mimpi yang  diharapkan,” ucapnya di hadapan pengurus yang dilantik.

Menurutnya, seorang pemimpin harus berani mengambil keputusan dan resiko. FOKS diharapkan menjadi generasi pemilik masa depan yang memberi kemajuan bagi Indonesia, khususnya Kabupaten Sumedang.

“Sumedang ini adalah milik kalian. Kalianlah merupakan generasi yang menjadi agen perubahan di masyarakat,” ucapnya.

Untuk itu, pihaknya akan terus mensupport dan memfasilitasi program-program FOKS serta memperhatikan para pengurusnya.

“Kami akan coba merekomendasikan pengurus Forum OSIS ini untuk masuk ke perguruan tinggi yang diharapkan,” imbuh Sekda.

Terakhir Sekda berharap agar pengurus FOKS memiliki jiwa pendaki serta mental pendaki untuk mencapai satu tujuan yang semuanya berawal dari pikiran.

“Pikiran mempunyai kemampuan untuk mencipta. Cara menggunakan pikiran akan menentukan keberhasilan tindakan. Tentunya jika ingin tujuan kita tercapai, ciptakan satu hal yang mampu untuk kita lalui dan yakini bahwa kita bisa mencapai itu semua,” tutur Sekda.

Sementara itu, perwakilan Kepala Cabang Dinas Wilayah VIII  Provinsi Jawa Barat Dr. Syarif mengatakan, pengurus OSIS sebagai produk Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) harus mampu membuktikan dirinya sebagai tumpuan harapan dan tulang punggung pembentukan karakter kepemimpinan di masing-masing lembaga atau sekolah.

Syarif juga mengucapkan terima kasih terhadap panitia yang telah melaksanakan pelantikan FOKS meski pandemi Covid-19 merajalela.

“Mudah-mudahan ini menjadi momen yang berharga. Meskipun kita masih di tengah-tengah Covid 19, tapi semangat para FOKS tetap selalu menyala,” ujar Syarif.

Syarif menekankan akan pentingnya nilai-nilai keteladanan sebagai modal bagi pengurus OSIS sebagai modal untuk menjadi pemimpin di masa depan.

“FOKS ini bisa menjadi awal untuk menjadi seorang pemimpin yang  mempunyai keteladanan di masa depan,” pungkasnya. (Abas)

Categories: Pendidikan