Pemkab Sumedang Terima Kunjungan Kerja Dari Dua Pemerintah daerah Untuk Studi Banding – El Jabar

Pemkab Sumedang Terima Kunjungan Kerja Dari Dua Pemerintah daerah Untuk Studi Banding

Sumedang, eljabar. Com — Tidak kurang dari dua pekan, Pemda Kabupaten Sumedang berturut-turut menerima kunjungan kerja dari dua pemerintah daerah untuk studi banding.

Setelah seminggu sebelumnya, Pemda Kabupaten Banjar yang ‘belajar’ ke Sumedang tentang e-Office dan SPBE, kali ini, Senin (15/11), giliran Pemda Kabupaten Jombang yang datang ke Sumedang dalam kunjungan serupa.

Usai diterima di Ruang Kerja Bupati Sumedang, rombongan studi banding berkesempatan mengunjungi Command Center Sumedang untuk mendengarkan pemaparan tentang SPBE di Kabupaten Sumedang.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan kerja sama hibah aplikasi e-Office dan e-SAKIP Desa dari Pemda Kabupaten Sumedang kepada Pemda Kabupaten Jombang.

Bupati mengucapkan terima kasih karena telah menjadikan Kabupaten Sumedang sebagai role model dalam penerapan transformasi digital di lingkungan Pemerintah Daerah.

“Kita bisa sharing tentang program dan kegiatan, baik yang ada di Kabupaten Sumedang maupun di Kabupaten Jombang. Apa yang bermanfaat bisa dikembangkan di daerahnya masing-masing,” ucapnya.

Dikatakan Bupati, sudah ada lima kabupaten lain yang ‘mengantre’ untuk melaksanakan studi tiru dan MoU dengan Pemda Kabupaten Sumedang guna penerapan e-Office dan e-SAKIP Desa.

“Setelah ini akan ada jadwal kunjungan dari Kabupaten Blora, Kuningan, Ciamis, Subang dan Ogan Komering Ilir. Semua ingin belajar dari Sumedang dan bekerja sama tentang SPBE, khususnya penerapan e-Office dan e-SAKIP Desa,” katanya.

Banyaknya kunjungan dari kabupaten/kota lain ke Sumedang, menurut Bupati berdampak terhadap perekonomian dengan bertambahnya pemasukan dariĀ  hotel, rumah makan, pusat oleh-oleh dan UMKM.

“Tamu yang datang pasti rombongan. Seperti yang hadir sekarang tidak hanya Bupati seorang. Ini akan berdampak terhadap ekonomi Sumedang. Mudah-mudahan ini bisa menjadi salah satu instrumen kita dalam mensejahterakan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Jombang Mundjidah Wahab mengatakan, pihaknya sangat tertarik dengan beberapa aplikasi yang telah diterapkan di Kabupaten Sumedang, teutama aplikasi e-Office dan e-SAKIP Desa.

“Saya sangat tertarik dengan beberapa kemajuan khususnya kemajuan teknologi yang ada di Sumedang terutama e-Office dan e-SAKIP Desa dimana kedua aplikasi tersebut bisa mempercepat pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya.

Mundjidah mengapresiasi berbagai inovasi Kabupaten Sumedang sehingga mendapatkan berbagai penghargaan tingkat nasional.

“Mudah-mudahan kunjungan kami ke Kabupaten Sumedang bisa bermanfaat untuk pelayanan masyarakat di Kabupaten Jombang. Ini merupakan kebutuhan sehingga aparatur pemerintah tidak harus di kantor untuk melayani masyarakat,” ucapnya.

Mundjidah menilai e-SAKIP Desa merupakan alat yang bisa mengamankan keuangan desa.

“Kita akan sosialisasikan aplikasi SAKIP Desa ini dalam Musrenbangdes. Aplikasi ini sangat tepat sekali untuk pemanfaatan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa,” tukasnya.

Pihaknya juga akan menitipkan beberapa orang pegawainya untuk belajar terkait aplikasi digital di Kabupaten Sumedang.

“Empat orang aparatur kami akan belajar terkait aplikasi langsung Kabupaten Sumedang. Setelah pulang, bisa langsung diimplementasikan,” tuturnya.

Categories: Pemerintahan