Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan Minta Bullying Terhadap Siswa Ditiadakan – El Jabar

Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan Minta Bullying Terhadap Siswa Ditiadakan

PAMEKASAN, eljabar.com — Dinas Pendidikan Provinsi Jatim memberikan arahan dan penyegaran  kepada para kepala sekolah dan guru baik SMK/SMA swasta dan negeri yang berada di Pamekasan.

Arahan tersebut disampaikan Disdik Jatim dalam acara Penyegaran Kinerja Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah yang dilaksanakan dengan menwrapkan prokes ketat di aula Hotel Cahaya Berlian, Rabu (17/11/2021).

Dalam sambutannya, Pengawas dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Pamekasan, Tjatur Mahendra Wahyudi mengatakan, aksi perundungan dan premanisme sesama siswa perlu mendapat perhatian serius pihak sekolah.

Aksi tak patut itu dapat dicegah melalui pengawasan dengan menerapkan pola sistem pembelajaran yang menitikberatkan pada keakraban kepada semua siswa di lingkungan sekolah.

Tjatur menambahkan, kegiatan Penyegaran Kinerja Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah diharapkan agar kepala sekolah negeri maupun swasta dapat melakukan beberapa langkah jitu untuk menciptakan rasa aman dan nyaman saat pembelajaran dilakukan.

“Pembelajaran secara virtual menjadi alternatif bagi para siswa untuk bisa belajar dan saling berkomunikasi, baik dengan para guru pengajar dan kepala sekolah,” kata Tjatur.

Kebijakan pemerintah yang membolehkan pembelajaran secara tatap muka, menurut Tjatur, bisa dilakukan dengan metode tertentu sehingga potensi perundungan di lingkungan sekolah bisa dikendalikan oleh para tenaga pengajar.

Pihaknya meminta agar semua guru dan siswa dapat bersinergi untuk menekan aksi perundungan tersebut melalui kegiatan inovatif sehingga siswa peserta didik lebih fokus dalam belajar dan melahirkan karya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital. (idrus)

Categories: Pendidikan