Perwakilan Ormas dan Forkopimda Sumenep Disuntik Vaksin - El Jabar

Perwakilan Ormas dan Forkopimda Sumenep Disuntik Vaksin

SUMENEP, eljabar.com – Perwakilan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mendapat suntikan vaksin covid-19 pertama kali di Pendopo Sumenep, Kamis (28/01/2021).

IMG 20210128 WA0101

Proses vaksinasi tersebut melalui empat tahapan. Sebelum divaksinasi seluruh peserta diregistrasi terlebih dahulu lantas diskrining dan selanjutnya divaksinasi.

Setelah disuntik vaksin, seluruh peserta akan dicatat dan diberi kartu vaksinasi covid-19 dan dilakukan pemantauan oleh petugas Kesehatan selama 30 menit di ruang observasi.

Sementara itu Komandan Kodim (Dandim) 0827 Sumenep, Letkol Infantri Nurcholis, yang mendapat giliran pertama kali disuntik vaksin Covid-19 diikuti oleh jajaran Forkopimda dan peserta perwakilan dari Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah serta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sumenep.

Bupati Sumenep, A. Busyro Karim, memastikan bahwa vaksin yang disuntikkan tersebut aman dan halal. Bupati dua periode itu juga mengimbau masyarakat agar tidak perlu khawatir dan was-was terhadap program vaksinasi yang diselenggarakan pemerintah.

“Ini adalah contoh kepada masyarakat. Makanya Forkopimda mendapatkan kesempatan pertama untuk menjadi peserta vaksinasi nasional ini,” kata Busyro, di pendopo Sumenep, seusai proses divaksinasi.

Dia menjelaskan jika pelibatan perwakilan ormas merupakan salah satu bentuk usaha untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat (trust building) jika program vaksinasi ini aman dan hala.
Selain itu pihaknya juga memastikan, setelah proses penyuntikan vaksin covid-19 tersebut akan dilanjutkan dengan vaksinasi secara serentak di 30 Puskesmas yang berada di seluruh kabupaten yang terdiri dari daratan dan kepulauan itu.

“Kami targetkan dua hari selesai, tapi untuk kepulauan akan disesuaikan dengan perkembangan situasi dan kondisi iklim dan cuaca,” tutup Busyro. (ury)

Categories: Nasional