Pilkada, Polda Jabar Bentuk Satgas Cyber Crime, Money Politik dan Black Campaign

CIREBON, eljabar.com — Kapolda Jabar, Irjen Pol Agung Budi Maryoto. M. Si menjadi Pembina Apel Bersama dan Gebyar Deklarasi Damai Pilkada Kota Cirebon, Senin 29 Januari 2018. Apel ini sebagai bagian tahapan untuk menghadapi persiapan Pilkada Serentak Kota Cirebon.

Apel diikuti jajaran Polres Cirebon Kota, unsur TNI dari kesatuan TNI Cirebon, terdiri dari Satu Pleton Pasukan Polisi Militer,  pasukan Korem 063 / SGJ , Pasukan  Gabungan Kodim 0614 Kota Cirebon, Pasukan TNI AL, Pasukan TNI AU, satu kompi Pasukan Brimob, satu Pleton Pasukan Pol Air Polda Jabar, Satu Kompi Pasukan Dalmas Polres Cirebon, Kota, Satu Pleton Pasukan Staf Polres Cirebon Kota, Pasukan Intel, Pasukan Reskrim.

Selain itu, apel juga diikuti ormas Pemuda Pancasila, elemen masyarakat, pelajar dan pramuka Kota Cirebon beserta segenap komponen masyarakat. Jumlahnya mencapai 2.000  personel.

Turut hadir juga Wali Kota Cirebon, Ketua DPRD Kota Cirebon, Forkompinda Kota Cirebon, Komisioner KPU Kota Cirebon, Panwaslu Kota Cirebon dan Sultan Kasepuhan.

“Maksud dan tujuan apel ini ialah untuk melakukan pengecekan terhadap sarana dan prasarana TNI-Polri dalam mensukseskan Pilkda 2018 mendatang,” kata Kapolda Jabar, Senin (29/1/2018).

Seperti diketahui, tuturnya, tahapan pilkada telah dimulai sejak 27 Desember 2018 sampai 23 Juli 2018 mendatang. “Maka, kita sadari pelaksanaan pilkada serentak ini tinggal beberapa waktu lagi,” tuturnya.

Untuk mengantisipasi kerawanan yang berkaitan dengan pelaksanaan kampanye, Polda Jabar berkoordinasi dengan instansi terkait, yaitu KPU dan panwaslu. “Apabila tidak sesuai dengan aturan yang ditetapkan, maka pelanggarnya akan dilakukan tindakan tegas sesuai dengan yang telah ditemukan, yakni mengedepankan prosedural dan profesional,” ujar kapolda.

Sementara ihwal ikrar yang dilakukan perwakilan masyarakat, diharapkan agar Pilkada Kota Cirebon, khususnya, dapat berjalan aman dan kondusif. “Yang jelas tetap harus mematuhi aturan dan perundang-undangan yang berlaku. Maka yakin, pelaksanaan pilkada bisa berjalan baik,” paparnya.

Disebutkan Agung, Polda Jabar telah membentuk satuan tugas untuk menghadapi pilkada 2018. Yaitu Satgas Cyber Crime, Satgas Money Politik dan Black Campaing.

Agung menghimbau kepada KPU dan panwaslu agar menjaga netralitas sehingga terwujud aman dan damai.

“Kita semua tentu mengharapkan pelaksanaan pilkada serentak di Jawa Barat dapat terlaksana dengan aman dan damai,” tutupnya. (BNH)

Advertisement

Categories: Uncategorized