Poktan Sugema Desa Banjarsari Jatinunggal Miliki Unit Pengering Padi Canggih – El Jabar

Poktan Sugema Desa Banjarsari Jatinunggal Miliki Unit Pengering Padi Canggih

Sumedang,eljabar.com – Kelompok Tani Sugema Desa Banjarsari Kecamatan Jatinunggal kini memiliki alat pengering padi model vertikal (Vertical Dryer) sebagai solusi untuk mengeringkan padi di kala musim penghujan.

Tak hanya itu, alat berkapasitas 10 ton padi tersebut ditunjang dengan prasarana berupa gedung megah tempat menyimpan gabah padi yang akan dikeringkan.

Yayat Suhayat selaku pendamping dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sumedang mengatakan, gedung beserta alat vertical dryer tersebut merupakan bantuan Kementerian Pertanian dari APBN Tahun 2021 dengan total anggaran Rp.1,5 miliar.

“Dari total anggaran Rp. 1,5 miliar, sebesar Rp. 300 juta pekerjaannya di swakelolakan oleh Poktan mulai dari bangunan dan lantai. Sedangkan untuk mesin, pengadaannya melalui e-Catalog perusahaan,” kata Yayat.

Ia mengatakan, manfaat alat vertical dryer ini untuk membantu petani agar kualitas hasil panennya tidak turun dengan pengeringan 10 sampai 12 jam.

“Kapasitas padi yang dikeringkan maksimal 10 ton dan hasilnya bisa langsung digiling karena kadar airnya sudah turun menjadi 24 persen,” katanya.

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir yang hadir meninjau unit pengeringan gabah tersebut mengatakan, vertical dryer system itu tentu akan sangat membantu para petani dalam mengolah hasil pertaniannya, terutama ketika terkendala pengeringan gabah di musim hujan.

“Jika gabah petani terkendala ketika musim hujan, nanti dapat dilakukan di sini. Ada gedungnya, ada mesinnya. Nanti dikeringkan dan digiling baru bisa dijual,” ujarnya, Rabu (12/1/2022).

Dikatakan Bupati, dalam pemasarannya Poktan Sugema bisa bekerja sama dengan BUMDes untk menjadi supplier Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) agar bisa menyerap hasil hasil panen petani.

“Kita suplus untuk beras. Tetapi saya ingin ada added valuenya. Harus ada produk dalam bentuk kemasan 10 Kg. Dikemas dengan baik dan dipasarkan secara lebih luas,” tuturnya.

Sementara itu, Acung selaku Ketua RT dan anggota Poktan Sugema mengucapkan terima kasih atas bantuan dan perhatian yang diberikan pemerintah kepada para petani di Banjarsari.

“Terima kasih atas perhatian dari Pemda Sumedang sehingga kami dapat bantuan  ini. Terima kasih yang sebesar-besarnya,” katanya.(abas)

Categories: Regional