Ratusan Bidan Se-Jabar Ikuti Rakor Di Sumedang

Sumedang,eljabar.com — Ratusan bidan yang tergabung dalam Forum Paguyuban (Forgub) Bidan PTT Provinsi Jawa Barat, ikuti kegiatan Rapat Kerja (Raker) Tahunan di Gedung Negara, Sumedang, Minggu (28/1).

Kegiatan Raker yang dibuka secara langsung oleh Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan tersebut, dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, dr. H. Dodo Suhendar, MM, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Sumedang, Hj. Retno Ernawati, MM, serta dari Unsur Lembaga terkait lainnya.

Diawal kegiatan, Ketua Forgub Jabar, Eka Anugrah S. ST, mengatakan bahwa tujuan diseleggarakannya raker ini tiada lain untuk meminta dukungan dari Pemerintah Kabupaten/Kota dan juga Provinsi terkait, berbagai keinginan anggota Forgub Bidan PTT yang akan dirumuskan dalam kegiatan Raker ini.

“Raker ini merupakan salah satu bukti semangat seluruh anggota Forgub bidan PTT Se-Jawa Barat. Untuk itu kami berharap, Pemerintah dapat merealisasikan apa yang akan kami rumuskan dalam raker ini,” kata Ny. Eka, seraya menyebutkan bahwa anggota Bidan PTT di Jawa Barat ini seluruhnya berjumlah 741 orang.

Adapun visi dan misi dari Raker Forgub Bidan PTT ini, adalah sebagai wadah komunikasi, informasi dan aspirasi bagi seluruh bidan PTT dalam penyampaian informasi dan harapan, baik yang berhubungan dengan kompetensi bidan PTT maupun status kepegawaian bidan PTT.

“Kami merupakan anak bangsa yang ingin mengabdi dan ikut serta dalam pembangunan masyarakat di Jawa Barat melalui peningkatan derajat kesehatan, melalui penurunan angka kematian ibu dan bayi di seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat,”ungkapnya.

Disampaikan lebih lanjut oleh Eka, peran bidan PTT diharapkan bisa menjalankan perannya secara optimal, sehingga peran bidan PTT bisa memberikan kontribusi bagi Jawa Barat.

“Oleh karena itu, kami memohon arahan dan petunjuk dari seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten/kota Se-Jawa Barat agar kami bisa menjadi bidan PONED, bidan PTT Se-Jawa Barat yang jujur dan berkualitas,”kata Bupati Eka.

Sementara itu, Bupati Eka menyambut baik kehadiran ratusan pengurus Forgub Bidan PTT Jawa Barat di Sumedang, bahkan secara kedinasan dirinya merasa bangga Sumedang bisa dijadikan tempat pelaksaan Raker Forgub Bidan PTT Tingkat Provinsi 2018 ini.

‘’Saya sangat mengapresiasi berbagai kiprah yang telah dilakukan bidan dalam membantu program pembangunan pemerintah, terutama dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat serta menekan angka kematian ibu dan bayi. Untuk itu saya akan mendukung penuh kegiatan raker ini,” kata Bupati.

Menurut Bupati Eka, pihaknya memang sangat memahami apa yang diinginkan oleh Bidan PTT ini. Untuk itu dia berharap, semoga semua rumusan yang akan dibuat Forgub Bidan PTT dalam Raker tersebut bisa diterima terealisasi oleh Pemerintah Provinsi.

Bahkan bukan itu saja, Bupati juga menambahkan, bahwa seiring akan berakhirnya masa jabatan Gubernur Jabar, Program PTT ini juga diharapkan bisa terus dilanjutkan oleh Gubernur yang akan datang. Sebab, secara pribadi Kabupaten Sumedang sejauh ini masih sangat membutuhkan peran serta bidan.(Abas,Arip)

Advertisement

Categories: Uncategorized