Ribuan Siswa SD Berseragam Serbu Mall Jatos – El Jabar

Ribuan Siswa SD Berseragam Serbu Mall Jatos

SUMEDANG,eljabar.com —  Ribuan siswa SD berseragam sekolah di Kecamatan Jatinangor menyerbu mall Jatinangor Town Square (Jatos), Sabtu 8 Januari 2022.

Kedatangan mereka didampingi guru dan orangtua untuk mengikuti vaksinasi Covid 19 usia 6 sampai 11 tahun yang digagas Polres Sumedang dan Dinkes Kabupaten Sumedang.

Kapolres Sumedang, AKBP Eko Prasetyo Robbyanto didampingi Camat Jatinangor Drs. Herry Dewantara dan Danramil 1005 Kapten INF Lesly Darmawan yang diwakili Babinsa Cikeruh Serma Wawan Setiawan mengatakan, kegiatan ini dalam rangka vaksinasi massal mendukung program pemerintah untuk vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun dengan target 104. 000 anak.

Kenapa dilaksanakan di mall, lanjut Kapolres, karena untuk menghilangkan kesan angker atau trauma jarum suntik. Sebab, jikalau vaksinasi itu dilaksanakan di Polres atau Puskesmas ataupun kantor Kodim, anak anak tidak akan terbiasa.

“Sengaja kami gelar di Mal agar tidak ada kesan angker bagi anak-anak, sehingga apabila dilaksanakan di mall tentunya lebih friendly (ramah) bagi anak. Selain itu untuk melakukan hubungan simbiosis mutualisme antara pihak mal maupun dengan orang tua dari anak ini,” ujarnya.

Karena, lanjut Kapolres, anak yang divaksin pasti diantar orang tua, sehingga diharapkan dapat menambah transaksi jual beli di dalam mall. Sehingga roda ekonomi lebih bergerak atau hubungan mutualisme dalam melaksanakan vaksinasi ini sama sama diuntungkan.

“Ada dua mal di Sumedang yang digunakan tempat vaksinasi, yaitu di Mal Asia Plaza dan di Jatos. Target vaksinasi harian itu bisa mencapai 1000 per hari,” ujarnya.

Ditanya terkait kebetulan minggu ini anak anak sekolah sedang libur akhir semester, Kapolres menjelaskan bahwa sinergitas TNI Polri, Dinkes, Disdik dan Pemerintah Kecamatan juga organisasi PGRI sehingga bisa mengkondisikan anak anak agar hadir di tempat vaksinasi.

“Tanpa dukungan dari pihak TNI, Dinas Kesehatan, Dinas pendidikan maupun Kecamatan kami tidak bisa melakukan mobilisasi terhadap anak-anak ini, tapi berkat sinergitas ini acaranya menjadi sukses,” ujarnya.

Terakhir, Kapolres berpesan bagi anak-anak yang mau divaksin, jangan takut divaksin karena baik untuk kesehatan. Apabila anak-anak ingin belajar seperti dulu lagi bisa belajar normal (tatap muka) mungkin bisa melepas masker, maka divaksin lah.

“Mungkin sakit sedikit (sebentar) tapi efeknya nanti kita bisa kembali seperti dulu lagi, belajar normal kembali, kekebalan tubuh sehat, dan terhindar dari virus Covid 19. Mari divaksin untuk kesehatan dan kehidupan normal kembali,” tandasnya. (abas)

Categories: TNI / POLRI