Sekda Kab. Sumedang Tampung Aspirasi Warga Terkait Geothermal - El Jabar

Sekda Kab. Sumedang Tampung Aspirasi Warga Terkait Geothermal

Sumedang, eljabar. Com — Puluhan warga perwakilan yang terdiri dari RT , RW dan tokoh masyarakat lainnya. Sengaja diundang  rapat oleh  Sekda kabupaten Sumedang melalui Camat Buahdua (Tono Suhartono, SP. MM)  di Bslai Desa Sekarwangi dan Balai Desa Cilangkap, Rabu, (14-04-2021)

Rapat tersebut berdasarkan surat no. 005/129/kec/2021. Perihal diskusi ngobrol bareng bersama Bapak Sekda kabupaten Sumedang.
Terkait rencana survey/ penelitian terhadap kandungan panas bumi di sekitar ring cincin tampomas di wilayah Kecamatan Paseh, Conggeang, Buahdua, Tanjungkerta dan Cimalaka.

Maksud dari rapat tersebut untuk menampung aspirasi warga Desa Sekarwangi dan  warga Desa Cilangkap kecamatan Buahdua.

Gelombang penolakan pun berlangsung sengit  dari warga dua desa tersebut dengan berbagai argumentasi yang disampaikan warga desa.

Sembilan orang warga Desa Sekarwangi dapat kesempatan bicara menyampaikan keluhan atau aspirasi salah satunya Tatang Kusnadi (66), survei ini pernah dilakukan PT. Wika  dan ini tidak mungkin tanpa peran serta pemerintah,  pada waktu itu kami menolak kenapa sekarang berulang ungkapnya.

Salah seorang  warga Desa Cilangkap Wawan  mempertanyakan kenapa
bapak bersikeras padahal jelas-jelas dari tahun 2012 warga sudah tegas menolak pembangunan geothermal, begitupun dengan menggebu-gebu disampaikan ibu Candra (mantan dosen Unwim) bahwa kami menolak pembangunan pemanfaatan panas bumi di gunung Tampomas tegasnya.

Pihak pemda pun bersikukuh dengan argumentasinya bahwa demi kepentingan dan  kesejahteraan masyarakat.

Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan, SE, mengatakan bahwa saya datang kesini ingin tahu dan ingin memastikan keinginan warga Buahdua dengan akan adanya survei akuisisi pemanfaatan energi panas bumi di gunung Tampomas ujarnya.

“Pemanfaatan energi panas bumi ini merupakan salah satu ikhtiar dari pemerintah.”

“Saya dipilih masyarakat insya alloh saya akan membela kepentingan masyarakat dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”  beber Erwan saat diskusi Pemanfaatan Panas Bumi Gunung Tampomas di Desa Sekarwangi dan Desa Cilangkap, Rabu (14/4/2021).

Sekda Sumedang Herman Suryatman menjelaskan ada empat tahapan sosialisasi dalam survei yang akan dilakukan oleh pemerintah.

“Yang pertama survei sosial lanjut Herman, kemudian yang kedua survei geologi, ketiga survei geofisika, dan terakhir survei geokimia”.

“Hasil survei ini akan menentukan perkembangan pembangunan geothermal ke depan apakah hasilnya bagus dan bisa ditindaklanjuti atau tidak. Dan survei ini, rencananya akan selesai tahun 2022,” ungkap dia.

Pihak pemda  bersikukuh dengan argumentasinya bahwa demi kepentingan dan  kesejahteraan masyarakat, entah masyarakat yang mana.

Categories: Regional