Sing Nyaah Kanu Ngewa, Kodam III/Slw gelar Maulid Nabi Muhammad SAW – El Jabar

Sing Nyaah Kanu Ngewa, Kodam III/Slw gelar Maulid Nabi Muhammad SAW

BANDUNG, eljabar.com — Kodam III/Slw menggelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H/2021 M, dengan menghadirkan penceramah kondang di Jawa Barat Ustadz Evie Effendi, bertempat di Masjid Al-Ikhlas Makodam III/Slw, Jalan Aceh No. 69 Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (26/10/2021).

Hadir Pangdam III/Slw Mayjen TNI Agus Subiyanto, Kasdam III/Slw, Irdam dan Kapok Sahli Pangdam III/Slw, Asrendam, para Asisten Kasdam III/Slw, para Kabalak dan Komandan Satuan Jajaran Kodam III/Slw, Prajurit dan PNS Kodam III/Slw serta ibu-ibu Persit.

Dalam sambutannya Pangdam III/Slw mengatakan, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, tidak semata wujud dari kecintaan kita terhadap sosok manusia terbaik, tetapi hal yang terpenting adalah kita mampu istiqomah menjalankan syariat yang dibawanya, yaitu Agama Islam, serta mampu menjadikan teladan dalam semua sisi kehidupan kita.

Hal ini sesuai dengan tema ”Melalui Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW 1443H/2021M Kita Tingkatkan Keteladanan dan Etos Kerja Personel TNI Guna Mendukung Keberhasilan Tugas Pokok TNI di Tengah Pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Lanjutnya menyampaikan, Nabi Besar Muhammad SAW merupakan sosok teladan yang patut dijadikan rujukan dalam kehidupan kita. Untuk itu, kita berharap, keteladan Rasulullah SAW, sebagai panutan dan sebagai pedoman dalam kegiatan dan etos kerja oleh setiap prajurit dan PNS Kodam III/Slw, baik saat di rumah, di lingkungan masyarakat, terlebih lagi ketika berdinas menjalankan tugas pokok sebagai Bhayangkari Negara, tuturnya.

Mengutif sedikit pada tausiahnya Ustadz Evie, bahwa dirinya merasa berat untuk menyampaikan sesuai dengan tema Maulid Nabi Muhammad SAW. Pasalnya, kata Ustadz Evie, dicontohkan sedikit dalam kehidupan Rosulullah SAW, diantaranya harus berbuat seperti “sing nyaah kanu ngewa, sing deudeuh kanu geulueh, sing asih kanu dengki, rajin mere kanu pelit” (harus sayang kepada orang yang membenci, harus cinta kepada orang yang menjijikan, harus perhatian kepada orang yang iri hati, dan rajin memberi kepada orang yang pelit), ucapnya dengan kental menggunakan bahasa Sunda.

“Oleh karenanya, kenapa Nabi Muhammad SAW diutus oleh ALLAH SWT ke dunia sebagai Rahmatan lil’alamin, dan untuk memperbaiki ahlak seluruh umat manusia,” terangnya.

Selain itu katanya, manusia yang paling baik adalah, yang bermanfaat bagi manusia lainnya, yang rajin membaca Al-Quran dan mengamalkannya serta yang panjang umurnya dan baik amalnya, demikian sepenggal ceramahnya Ustadz Evie Effendi. (Pendam III/Siliwangi). ***

Categories: TNI / POLRI