Sosialisasi Pada Siswa SMAN 1 dan SMA BPPI Baleendah, Dansektor 21: Permasalahan Citarum Bukan Hanya Masalah Sampah…!

KAB BANDUNG, eljabar.com – Satgas Citarum Harum Sektor 21 subsektor 7 Citepus laksanakan kegiatan sosialisasi tentang program Citarum Harum kepada siswa SMAN 1 dan SMA BPPI Baleendah di Gedung Multi Guna SMAN 1 Baleendah, Jl. R.A.A. Wiranata Kusumah No. 30 Baleendah Kabupaten Bandung, Senin (16/12/2019).

Acara kegiatan sosialisasi tersebut diikuti oleh sekitar 100 orang siswa-siswi dari SMAN 1 Baleendah dan 100 siswa-siswi SMA BPPI Baleendah. Selain Dansektor 21 Kolonel Inf. Yusep Sudrajat yang memberikan materi tentang program Citarum Harum, hadir juga Kepala sekolah SMAN 1 Baleendah Drs. Dayat Hidayat, M.M.Pd anggota satgas Citarum Harum subsektor 7, dan beberapa awak media.

Dansektor 21 Kol. Yusep Sudrajat saat memberikan pemaparan mengatakan, “Sosialisasi tentang Citarum Harum ini seolah-olah hal yang sepele, masalah Citarum kelihatan adalah masalah sampah saja tapi setelah kita uraikan semua ternyata didalamnya luar biasa pelik sekali tentang daerah aliran sungai Citarum ini, mulai dari hulu tentang lahan kritis, sampah, limbah pabrik, jaring apung, kotoran manusia, kotoran hewan dan kerusakan lahan hutan dan lainnya, tapi bukan hal mustahil untuk kita benahi,” katanya.

“Kalau kita bersama-sama semua elemen masyarakat bergerak mulai dari lingkungan rumah tangga sampai pemerintahan, Insya Allah dalam waktu 7 tahun ini nantinya Citarum dapat dirasakan manfaatnya secara maksimal oleh masyarakat,” kata Kolonel Inf. Yusep Sudrajat.

Masih dikatakan Dansektor 21, bahwa kebersihan dan kesadaran lingkungan harus dumulai dari diri sendiri. “Permasalahan Citarum diawali oleh ketidak pedulian orang-orang terhadap kondisi lingkungan disekitarnya dan tidak perduli dengan masa depan anak-anak. Jadi kalian sebagai penerus bangsa harus memulainya dari sekarang,” papar Dansektor 21.

Sementara itu Drs. Dayat Hidayat, M.M.Pd Selaku Kepala SMAN 1 Baleendah yang didampingi stafnya Agus Suherman, M.Si mengatakan, “Sosialisasi yang disampaikan oleh dansektor 21 ini adalah suatu hal yang luar biasa dan program program yang dilaksanakan cukup bagus, jadi dari berbagai permasalahan yang ada di area sungai Citarum ini memang banyak sekali yang harus kita benahi kedepan, tentu apalagi ini kaitannya dengan generasi muda karena mungkin kedepannya yang lebih berperan adalah anak-anak muda kita,” kata Dayat.

“Jadi kalo anak-anak muda kita sudah diberikan pemahaman tentang bagaimana seharusnya menjaga dan melaksanakan bembenahan serta pembersihan sungai Citarum dengan program Citarum Harum, maka saya yakin kedepannya Citarum akan bersih dibandingkan sebelumnya,” pungkasnya.

Di ujung acara sosialisasi Dansektor 21 memberikan pertanyaan kepada siswa-siswi, bagi yang dapat menjawab pertanyaan yang telah dipaparkan, diberi hadiah berupa uang saku dan juga kegiatan ditutup setelah Dansektor 21 memberikan alat kontak secara simbolis kepada sekitar 5 perwakilan siswa-siswi. *red

Categories: Regional

Tags: ,,,,,,,,,,