Stok Berkurang, Sejumlah Bapokting di Kota Sukabumi Alami Kenaikan Harga - El Jabar

Stok Berkurang, Sejumlah Bapokting di Kota Sukabumi Alami Kenaikan Harga

SUKABUMI, eljabar.com — Sejumlah bahan pokok penting (bapokting) di Pasar Tradisional dan modern alami kenaikan harga. Seperti, Daging ayam broiler dari semula Rp35 ribu menjadi Rp36 ribu per kg, telur ayam negeri pekan ini dibandrol Rp28 ribu per kg, atau naik dua ribu rupiah dari harga sebelumnya Rp26 ribu per kg, dan cabai merah besar TW dari Rp55 ribu menjadi Rp58 ribu per kg.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan, dan Perindustrian (Diskopdagrin) Kota Sukabumi Heri Sihombing mengungkapkan, hasil pantaunya ada beberapa bapokting yang naik harga. Seperti, daging ayam broiler, cabai merah besar TW dan telur ayam negeri.

“Hasil pantauan kami kelapangan, ada sekitar tiga komoditi yang alami naik harga,” ujar Heri, Kamis (10/12/2020).

Heri mengungkapkan, berdasarkan informasi dari para pedagang, kenaikan itu disebabkan, persediannya sedikit berkurang, sehingga mengalami sedikit kenaikan harga.

“Selain itu juga, salah satu faktor lainya akibat cuaca saat ini,” tuturnya.

Sementara untuk bapokting lainya lanjut Heri, masih terpantau stabil. Seperti, beras Ciherang cianjur masih dijual dikisaran Rp11.500 per kg, beras Ciherang Sukabumi tetap berada di Rp9.400 per kg, minyak curah Rp14 per kg, bawang merah Rp28 ribu per kg, dan bawang putih Rp24 ribu/kg, garam halus 250gr masih diangka Rp1.500 per bungkus, dan terigu juga masih dijual Rp7.500 per kg.

Heri menambahkan, sejauh ini semua kebutuhan serta stok bapokting dan baranag strategis lainya cukup tersedia, aman, serta fluktuasi harga masih dalam batas kewajaran. (Anne)

 

Categories: Regional