Tak Lama Lagi, Sidang Pleno Sertifikasi Impounding Bendungan Tugu Dilaksanakan   – El Jabar

Tak Lama Lagi, Sidang Pleno Sertifikasi Impounding Bendungan Tugu Dilaksanakan  

TRENGGALEK, eljabar.com – Tak lama lagi sidang pleno Komisi Keamanan Bendungan (KKB) terkait sertifikasi impounding atau pengisian awal Bendungan Tugu segera dilaksanakan.

Saat ini, PPK Bendungan III Brantas dan konsultan supervisi pembangunan Bendungan Tugu sedang melengkapi dokumen hasil revisi Sidang Teknis II yang baru usai dilaksanakan secara virtual, minggu kemarin.

“Saat ini kami bersama konsultan supervisi melengkapi dokumen hasil revisi Sidang Teknis II minggu kemarin,” kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bendungan III BBWS Brantas Yudha Tantra Achmadi, melalui aplikasi pesan. Senin (23/08/2021).

Sedangkan Sidang Teknis I Bendungan Tugu sudah selesai pada awal Juli 2021 lalu.

Setelah Sidang Teknis I dan Sidang Teknis II tersebut maka Bendungan Tugu diharapkan sudah bisa melaksanakan Sidang Pleno Komisi Keamanan Bendungan pada akhir Agustus 2021.

“Mudah-mudahan akhir bulan ini bisa Sidang Pleno,” bunyi pesan Yudha yang diterima eljabar.

Sebelum menghasilkan kesimpulan yang menyatakan pengisian awal bendungan diizinkan untuk dilakukan, Bendungan Tugu akan melalui Sidang Pleno Komisi Keamanan Bendungan yang dibagi menjadi beberapa ruang pembahasan yang berbeda-beda.

Secara garis besar, ruang pembahasan tersebut ada yang membahas gambaran umum bendungan, kondisi geologi, pelaksanaan grouting (proses sementasi), rencana pelaksanaan impounding, stabilitas bendungan dan pekerjaan instrumentasi.

Pada ruang pembahasan lainnya membahas hidrologi bendungan. Mulai dari proyeksi dan simulasi pelaksanaan impounding, flood routing (penelusuran banjir) dan perhitungan debit banjir rencana.

Sedangkan ruang pembahasan yang juga tak kalah penting adalah yang membahas hidromekanikal dan elektrikal.

Untuk mendapatkan sertifikasi impounding maka pihak-pihak yang terlibat dalam pelaksanaan pembangunan Bendungan Tugu harus melalui tahapan-tahapan yang kompleks.

Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan bendungan sebelum penggenangan awal dilakukan.

Sebab, impounding atau penggenangan awal bendungan merupakan saat-saat kritis dalam pembangunan bendungan.

Kini, Bendungan Tugu terus disempurnakan. Beberapa pekerjaan tersisa terus dikebut. Sedangkan bangunan utama bendungan sudah dinyatakan rampung dan secara fisik sudah siap untuk dilakukan penggenangan awal. (*wn)

 

Categories: Nasional