Tingkatkan Minat Petani, Ratusan Tumbak Lahan Kodim 0610/Sumedang Ditanami Bawang Merah - El Jabar

Tingkatkan Minat Petani, Ratusan Tumbak Lahan Kodim 0610/Sumedang Ditanami Bawang Merah

SUMEDANG, eljabar.com — Dalam rangka meningkatkan hasil pertanian serta menjaga ketahanan pangan, ratusan tumbak tanah milik Kodim 0610 Sumedang ditanami bawang merah.

Dandim 0610 Sumedang Letkol Inf Zaenal Mustofa S.E., M.Si mengatakan, dari 550 tumbak tanah milik Kodim, saat ini sekitar 350 tumbak ditanami bawang merah, dan sisanya ditanami padi.

Adapun dilakukannya penanaman bawang merah dalam jumlah yang cukup kuas tersebut, karena melihat minat petani di Sumedang masih minim dalam bercocok tanam bawang merah. Padahal, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari terhadap bawang merah, masyarakat Sumedang masih mengandalkan kiriman dari luar kota yaitu Brebes Jawa Tengah.

“Jadi, saat ini kita sedang uji coba menanam bawang merah ditanah seluas 350 tumbak. Upaya ini dilakukan karena kita melihat minat masyarakat Sumedang masih kurang dalam menanam bawang merah. Padahal, jika dibandingkan, menanam bawang merah, keuntungannya bisa mencapai 50 persen bahkan 100 persen dibandingkan padi,” kata Dandim saat meninjau langsung lokasi sawah milik Kodim di Lingkungan Nalegong Kelurahan Kotakulon Kecamatan Sumedang Selatan, Senin (09/11/2020).

Diakui Dandim, salah satu kendala dalam menanam bawang merah di Sumedang yaitu area pesawahannya yang terasering, sedangkan yang cocok untuk menanam bawang merah itu kontur tanah yang datar. Namun, jika ada minat walaupun berskala kecil, tentunya penanaman tersebut bisa dilakukan.

“Kita saat ini sedang melakukan uji coba dan sekaligus memberikan contoh kepada Petani di Sumedang dalam bercocok tanam. Ini dilakukan agar masyarakat tidak terus menerus ketergantungan akan bawang dari luar Sumedang. Minimal, jika nanti hasilnya berhasil bisa memenuhi kebutuhan bawang merah untuk masyarakat di Sumedang. 5 persen saja kebutuhan bawang di Sumedang dapat disuplai dr petani lokal, maka Sumedang sdh bisa dikatakan Swasembada Bawang,” ujarnya.

Dandim menambah, pihaknya mendorong agar para petani di Sumedang, untuk melakukan diversivikasi tanaman pertanian dan tdk terpaku pada menanam padi saja. Upaya ini untuk menggalakkan petani Sumedang untuk menanam bawang merah.

“Langkah awal, saya telah menanam bawang merah, sebagai percontohan atau uji coba di lahan milik Kodim 0610 Sumedang. Selain itu, sebelumnya saya juga sudah melakukan ujicoba menanam bawang dilahan 100 tumbak, walaupun hasilnya belum begitu memuaskan, tapi hasilnya sudah bisa dirasakan,” tandasnya. (Abas)

Categories: TNI / POLRI