Wabup Sumedang Imbau Warga Perhatikan Prokes Saat Pencoblosan Pilkades Nanti - El Jabar

Wabup Sumedang Imbau Warga Perhatikan Prokes Saat Pencoblosan Pilkades Nanti

SUMEDANG, eljabar.com — Sebanyak 88 desa di Kabupaten akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang III pada 16 Desember mendatang.

Menjelang pelaksanaan pilkades, Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan meminta petugas yang terlibat dalam pilkades segera mempersiapkan diri, menjaga dan meningkatkan kesehatan agar nanti dapat menjalankan tugas dengan lancar.

“Pilkades nanti merupakan kegiatan yang membutuhkan proses dan perhatian khusus. Sebab, pilkades tahun ini dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19,” ujar Erwan saat Rapat Online Kegiatan Penyelenggaraan Kewaspadaan Dini Daerah Kabupaten Sumedang Tahun Anggaran 2020, di ruang kerjanya, Selasa (08/12/2020).

Dikatakan, karena pelaksanaan pilkades di tengah Pandemi Covid-19, panitia pilkades diminta benar-benar dalam keadaan sehat.

“Untuk itu, saya sarankan agar menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi gizi yang seimbang, razin berolahraga, istirahat yang cukup, cek kesehatan dan hindari kerumunan,” pintanya.

Selain itu, imbuh dia, pada pelaksanaannya nanti, para panitia pilkades serentak juga diharapkan memperhatikan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Kemudian melakukan penyemprotan disinfektan sebelum dan selama pencoblosan secara berkala kepada alat  pencoblos, bilik, meja dan semua sarana prasarana di lokasi pencoblosan.

“Saya juga minta agar panitia menyiapkan sarung tangan untuk sekali pakai, alat pengukur suhu tubuh, masker, serta menjaga antrean masyarakat yang akan mencoblos, minimal berjarak 1 meter. Kemudian jika ada masyarakat yang bergelaja sakit atau batuk, diharapkan segera melapor ke petugas kesehatan Covid-19 setempat,” tegasnya.

Sementara bagi masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya, wabup berharap agar mencoblos  sesuai dengan jadwal yang telah ditulis dalam formulir pemberitahuan. Kemudian juga menggunakan  sarung tangan sekali pakai yang diberikan oleh KPPS.

“Masyarakat juga diharapkan tidak berkerumun usai melaksanakan pencoblosan. Segera pulang ke rumah setelah mencoblos,” ujar dia.

Erwan menambahkan, pada saat perhitungan suara nanti, selain menerapkan prokes yang ketat, para panitia juga perlu memperhatikan dan mengatur pola  kerja, seperti makan bergantian, melakukan relaksasi berkala. Kemudian panitia juga membawa dan memakai alat  kerja sendiri, seperti pulpen dan alat kerja lainnya.

“Intinya, saya berharap agar Pelaksanaan Pilkades Serentak Gelombang III nanti, bisa berjalan dengan lancar. Saya juga berpesan agar panitia betul-betul menerapkan Prokes yang ketat,” pungkasnya. (Abas)

Categories: Regional