Wabup Sumedang Laksanakan Akselerasi Evaluasi SAKIP di Kecamatan Tanjungmedar dan Tanjungkerta - El Jabar

Wabup Sumedang Laksanakan Akselerasi Evaluasi SAKIP di Kecamatan Tanjungmedar dan Tanjungkerta

SUMEDANG, eljabar.com — Dalam rangka optimalisasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) memasuki pekan kedua, Tim II yang dipimpin oleh Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan melaksanakan Akselerasi Evaluasi SAKIP di Kecamatan Tanjungmedar dan Kecamatan Tanjungkerta, Jum’at (03/07/2020).

Dikatakan Wabup, berdasarkan hasil Evaluasi SAKIP 2018 di tiap kecamatan, realisasinya masih jauh dari target kinerja yang telah diperjanjikan. Ia pun memaklumi kondisi tersebut bahkan sudah memprediksinya sejak awal.

“Kendala di setiap kecamatan adalah masalah perencanaan kinerja yang kurang baik. Dari bobot nilai paling tinggi rata-rata hanya diraih 40%,” ujarnya.

Wabup mengharapkan kegiatan Akselerasi Evaluasi SAKIP tersebut dapat memberikan masukan kepada perangkat daerah dan kecamatan terhadap aspek yang harus diprioritaskan.

“Saya mewanti-wanti kepada seluruh jajaran ASN di tiap Kecamatan agar dapat meningkatkan, perencanaan kinerjanya untuk mencapai target. Dengan adanya Akselerasi Evaluasi SAKIP, saya harap, ke depan perencanaan kinerja minimal 90%, baru yang lainnya akan mengikuti,” jelasnya.

Lebih lanjut Wabup mengatakan, hal pertama yang harus dilakukan terkait detail perencanaan kinerja adalah dengan membuat sasaran strategis dan skala prioritas pekerjaan dengan membuat program kegiatan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat setelah itu baru akan keluar anggarannya.

“Perencanaan harus matang. Selama ini di kecamatan masih lemah dalam hal perencanaan. Kegiatan rata-rata terencana kurang baik sehingga target kinerjanya tidak optimal,” ungkapnya.

Terakhir dikatakan Wabup, walaupun sempat terkendala karena Corona, dirinya merasa optimis dengan upaya yang telah dilakukan dalam rangka mendongkrak target kinerja yang telah diperjanjikan sehingga penilaian SAKIP di tiap kecamatan dapat meningkat. (Abas)

Categories: Pemerintahan