Wabup Tinjau Posyandu Delima 1 Dusun Sukasari Dalam Rangka BPB – El Jabar

Wabup Tinjau Posyandu Delima 1 Dusun Sukasari Dalam Rangka BPB

Sumedang,eljabar.com –Sabtu (21/8/2021), Wakil Bupati Erwan Setiawan meninjau pelaksanaan kegiatan penimbangan bayi dan Balita dalam rangka Bulan Penimbangan Balita (BPB) di Kabupaten Sumedang.

Lokasi yang dimonitor Wabup adalah Posyandu Delima 1 Dusun Sukasari Desa Sukasari Kecamatan Sukasari yang juga digunakan sebagai PAUD Mutiara Hati.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kabid
Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinkes Sumedang Ekki Riswandiyah, unsur Forkopimcam Sukasari, Kepala Puskesmas Sukasari Nurlina Yusiana, Kepala Desa Sukasari Nining Marlina, Ketua TP PKK Desa Sukasari sekaligus Ketua Posyandu Delima 1 Susi Suharti, dan para Kader Posyandu.

Menurut Ketua Posyandu Delima 1 Susi Suharti, jumlah bayi dan Balita yang tercatat di Posyandu yang dikelolanya sebanyak 48 anak dari 5 RT yang ada.

“Alhamdulillah semuanya tidak ada yang menunjukkan gejala stunting dan hampir setiap bulan selalu hadir untuk ditimbang,” katanya.

Dikatakan, penimbangan rutin dilaksanakan tanggal 21 setiap bulannya disertai dengan pemberian makanan tambahan (PMT).

“Makanan tambahannya bergiliran setiap bulannya. Ada puding, bubur kacang, biskuit, telur dan makanan bergizi lainnya. Sekarang anak-anak kebagian telur dan juga Vitamin A,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid SDK pada Dinas Kesehatan Sumedang Ekki Riswandiyah mengatakan, penimbangan yang rutin dilakukan setiap bulan di Posyandu bertujuan untuk mendeteksi dini apakah bayi atau Balita sakit atau tidak, mengecek kelengkapan imunisasi dan memberikan penyuluhan gizi.

“Hasil penimbangan dan pengukuran tinggi badan dapat mencerminkan status gizi balita yang merupakan tolok ukur status gizi masyarakat, termasuk mendeteksi anak yang bergejala stunting untuk segera diberi penanganan khusus,” katanya.

Ia menambahkan, Februari dan Agustus ditetapkan sebagai Bulan Penimbangan Balita dengan pemberian Vitamin A, dengan harapan bahwa pada bulan-bulan tersebut kedatangan Balita di Posyandu juga meningkat.

“Tingkat partisipasi masyarakat untuk menimbang Balita di Posyandu digunakan sebagai sumber data penggambaran status gizi mereka,” tuturnya.

Wakil Bupati H Erwan Setiawan  mengatakan, penimbangan merupakan langkah awal dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan anak.

“Penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan pada Balita diperlukan untuk memantau perkembangan anak-anak, juga mendeteksi stunting,” ucapnya.

Pemerintah Kabuaten Sumedang melalui Dinas Kesehatan menetapkan bulan Agustus sebagai Bulan Penimbangan Balita dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan bayi dan Balita.

“Ini adalah salah satu bentuk dukungan terhadap program penurunan angka stunting dan meningkatkan kesehatan anak,” pungkasnya.(abas)

Categories: Regional