Kabupaten Sumedang Siap Jadi Tuan Rumah Gelaran FKN Tahun 2021 – El Jabar

Kabupaten Sumedang Siap Jadi Tuan Rumah Gelaran FKN Tahun 2021

Sumedang,eljabar.com — Kabupaten Sumedang direncanakan menjadi tuan rumah gelaran Festival Keraton Nusantara (FKN) Tahun 2021.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) La Nyalla Mahmud Mattalitti yang hadir beserta jajaran pada acara silaturahmi dengan keluarga besar Keraton Sumedang Larang di Museum Srimanganti Sumedang, Sabtu (21/08).

Selain keluarga besar Keraton Sumedang Larang, tampak hadir pula Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir dan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) La Nyalla Mahmud Mattalitti mengharapkan kunjungan tersebut dapat membangun sinergi dengan Keraton Sumedang Larang, terutama dalam membangun momentum kesadaran anak bangsa tentang peran penting kerajaan.

“DPD RI berkomitmen untuk terus medorong terwujudnya upaya pelestarian budaya, termasuk digelarnya Festival Keraton Nusantara ini,” ucapnya.

Dikatakan, Festival Keraton Nusantara rencananya akan dilaksanakan di Kabupaten Sumedang pada tanggal 20-22 September 2021.

“Saya harap Festival Keraton Nusantara menjadi momentum serta tonggak dalam membangun kesadaran untuk terus mempertahankan budaya kita,” ujarnya.

La Nyalla juga mengapresiasi atas kerja keras pihak Keraton Sumedang Larang dalam menjaga adat istiadat Sunda serta mampu mempertahankannya agar dapat dikenal oleh anak bangsa.

“Saya juga mengucapkan terima kasih atas pengharagaan yang diberikan yakni menjadi Dewan Kehormatan Keraton Sumedang Larang,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Dony menyampaikan, kehadiran Ketua DPD RI beserta rombongan merupakan sebuah kehormatan bagi Pemda Sumedang untuk bisa lebih meningkatkan kinerjanya dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan, khususnya dalam mengembangkan kebudayaan.

Dikatakan, Kabupaten Sumedang saat ini sedang terus mengakselerasi
pembangunan di bidang infrastruktur, industri dan pariwisata.

“Untuk infrastruktur, pada akhir tahun ini jalan Tol Cisumdawu sudah selesai dan di enam exit tol akan tersedia tempat wisata unggulan. Akan disiapkan pula atraksi khusus di tempat wisata tersebut yang nantinya akan mendorong Kabupaten Sumedang sebagai Puseur Budaya Sunda,” pungkasnya.(abas)

Categories: Regional