Wakil Bupati Sumedang Beserta Forkopimcam Jatinangor Tinjau Tanah Longsor dan Banjir Lumpur di Dusun Calamkuning - El Jabar

Wakil Bupati Sumedang Beserta Forkopimcam Jatinangor Tinjau Tanah Longsor dan Banjir Lumpur di Dusun Calamkuning

SUMEDANG, eljabar.com — Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan beserta Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Fokopimcam) Jatinangor meninjau lokasi tanah longsor dan banjir lumpur di Dusun Calamkuning RT 03 RW 01 Desa Cisempur Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Selasa (12/01/2021).

Kejadian longsor dan banjir berlangsung pada hari Sabtu (9/01/2021) sekitar pukul 14.30 saat terjadi hujan deras hampir di seluruh wilayah Sumedang.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup H Erwan meninjau rumah warga yang terdampak musibah dan memberikan dukungan kepada warga yang terdampak. Selanjutnya ia memeriksa saluran drainase dan mengecek ke lokasi perumahan yang berada di atas pemukiman warga.

Selesai peninjauan Wabup mengatakan, dari segi keamanan, keadaan lahan di atas pemukiman warga sangat mengkhawatirkan karena ditanami Palawija, apalagi drainase masih sangat minim.

“Seperti kita lihat dari drainase, dan pohoh-pohon keras semua ditebang dan diganti dengan palawija. Kalau ini memang lahan pengembang, bikin pagar tidak boleh ada yang masuk dan tanami pohon-pohon keras,” ucapnya.

Ia juga memerintahkan, agar segera memperbaiki drainase, serta membuat benteng dan menanam pohon keras di atas agar tanah tidak terkikis.

“Terutama saluran-saluran air yang menuju ke permukiman masyarakat untuk segera dibuatkan drainasenya yang memenuhi standar. Jangan pakai paralon. Karena kalau debit air-nya tinggi akan hancur apalagi materialnya batu banyak juga,” tegasnya.

Ia juga melaporkan, kejadian banjir dan longsor tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa dan rumah tidak ada yang sampai hancur.

“Yang rusak benteng garasi milik warga. Rumah yang berada di bawah terkena material banjir berupa lumpur karena ada longsoran dari atas. Saya sudah sampaikan agar buat saluran air supaya tidak sampai menimbulkan lonngsor baru,” ungkapnya. (Abas)

Categories: Regional